Market Movers: Tingginya Yield Treasury AS Bebani Pergerakan Emas

Market Movers: Tingginya Yield Treasury AS Bebani Pergerakan Emas

Senin, 08 Oktober 2018 09:21:25 WIB

Sempat tertopang oleh melemahnya dollar karena data non-farm payrolls bulan September yang dirilis lebih rendah dari estimasi, namun pada pembuka perdagangan pekan ini harga emas harus kembali tertekan hingga ke bawah level psikologis 1200.

Yield treasury AS tenor 10 tahun yang mencapai level tertingginya sejak 2011 hingga mencapai 3,2% menjadi beban utama harga emas. Investor yang mempertimbangkan rendahnya angka pengangguran AS yang turun ke 3,7% dan revisi data non-farm payroll bulan Agustus menjadi katalis positif tingginya yield treasury AS. Lebih jauh, outlook kenaikan suku bunga The Fed diperkirakan berlanjut.

Diketahui angka pengangguran 3,7% merupakan angka terendah pada tahun ini bahkan angka rendah yang belum pernah tersentuh sejak 50 tahun terakhir. Revisi data non-farm payrolls bulan Agustus juga bertambah signifikan dari yang sebelumnya dilaporkan bertambah 201.000 menjadi 270.000.

Potensi Pergerakan

Emas
Belum mampu bertahan di atas level psikologis 1200, harga emas tampaknya masih dalam kecenderungan kembali melemah pada hari ini ke area support 1188. Resisten terdekat di level 1204.

Minyak Mentah
Adanya laporan yang mengatakan bahwa Rusia dan Arab Saudi sepakat untuk meningkatkan output sebagai langkah antisipasi berkurangnya output minyak dari Iran, berpotensi membebani pergerakan harga minyak pada hari ini mengincar level 72.00. Support terdekat di level 74.80.

EURUSD
Penguatan EURUSD perlu konsisten bergerak di atas level 1.1540 sebelum mengincar 1.1580. Jika gagal menembus level 1.1540 dan jika tingginya pencapaian yield treasury memicu momentum penguatan dollar kembali, maka potensi pelemahan EURUSD menguji kembali area level terendah pekan lalu di 1.1460.

GBPUSD
GBPUSD berpeluang lanjutkan reli penguatan selama dua hari terakhir di tengah optimisme kejelasan Brexit. Outlook "no-deal" Brexit yang dianggap lebih baik dibandingkan "bad" deal berpotensi menopang sterling. Penguatan terdekat menguji resisten 1.3170 dengan support 1.3040.

USDJPY
Pencapaian yield treasury AS yang menekan aset safe haven termasuk yen berpeluang membawa USDJPY mengincar kembali area level tertinggi setahun 114.50. Kenaikan tersebut perlu menembus level psikologis 114.00. Support terdekat di level 113.40.

AUDUSD
Gap yang melebar antara yield treasury AS dengan Australia berpotensi kembali menekan AUDUSD pada hari ini. Pelemahan lebih lanjut mengincar level support terdekat 0.7015. Sedang berada di area level tertinggi sepanjang tahun 2018, tidak menutup kemungkinan juga memicu aksi short covering investor dengan resisten terdekat di area 0.7080 - 0.7090.


Rilis data ekonomi selengkapnya dapat dilihat di Economic Calendar

(Dini Nurhadi Yasyi)


(dny)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search