Pidato Powell Picu Spekulasi Pemotongan Suku Bunga

Rabu, 10 Juli 2019 20:04:14 WIB
Kepala Federal Reserve AS, Jerome Powell mengawali pidato pertanggung jawaban dihadapan kongres AS mengutarakan kekhawatiran terhadap pelemahan ekonomi global, dan pandangan perekonomian AS yang buruk, menekankan the Fed siap bertindak selayaknya untuk menjaga target ekspansi ekonomi AS. Komentar ini kembali memicu ekspektasi pasar akan adanya pemotongan suku bunga Fed di akhir bulan.

Powell juga mengungkit pertumbuhan ekonomi AS mendapat tekanan dari hal-hal berisiko, diantaranya: inflasi yang rendah, perlambatan ekonomi di negara-negara lain, dan perlambatan bisnis lokal akibat ketidakpastian perang dagang AS - Tiongkok di bawah pemerintahan Trump, menjadi penyebabk pandangan ekonomi AS memburuk.


Indeks dolar AS menguat tajam hanya beberapa menit sejak pidato Powell tersebut. XAUUSD sudah naik sebesar $20 sejak pernyataan, ke level tertinggi $1411.16. EURUSD naik 40 pips, ke level 1.1255, dan GBPUSD naik 45 pips ke level 1.2521.

Sikap pasar sebagai spekulasi bahwa Fed akan melakukan pemotongan setidaknya 0.25% pada pertemuan Federal Open Market Committee pada 1 Agustus 2019 mendatang.

(andian)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search