Asia Akan Cermati Kinerja Data China & Yen

Asia Akan Cermati Kinerja Data China & Yen

Senin, 02 Juni 2014 12:58:25 WIB

Monexnews -

Mengawali pekan ini Senin (2/6), pasar Asia diperdagangkan dalam suasana sepi karena bursa China, Hong Kong dan Taiwan tutup berkenaan libur nasional Dragon Boat Festival. Namun sentimen pasar masih terlihat optimis berkat termotivasi Wall Street yang berakhir di rekor tinggi pada akhir pekan lalu (30/5) serta data aktivitas manufaktur PMI China yang rilis cukup bagus (1/6).

Sedangkan bursa Tokyo pekan ini terlihat akan lebih bersemangat di tengah suasana euphoria pelemahan yen yang telah mencapai kisaran di atas 102 terhadap dollar AS. Data manufaktur domestik dan business capex Jepang yang rilis apik di awal pekan juga diperkirakan akan ikut menopang sentimen pasar. Namun demikian rally bursa Seoul Kospi pekan ini kemungkinan akan tersendat lantaran terbebani oleh kekecewaan investor atas rilis data domestik di awal pekan yang hasilnya mengecewakan. Setidaknya data indeks aktivitas manufaktur Korsel bulan Mei tercatat anjlok hingga ke level rendah dalam 9 bulan terakhir, sementara angka ekspor Korsel jatuh hingga ke level rendah dalam 8 bulan terakhir di Mei. Sementara pasar Asia masih akan disuguhkan oleh data manufaktur final China dari HSBC dan service PMI dari pemerintah yang sedianya akan rilis hari Selasa (3/6). Di hari yang sama, Reserve Bank of Australia (RBA) juga akan mengumumkan keputusannya yang diprediksi masih akan mempertahankan suku bunga untuk ke- 9 bulan beruntun. Selain itu ketegangan di Laut China Selatan juga akan membayangi sentimen investor sepanjang pekan ini setelah Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel menuduh Beijing atas tindakan distabilisasi di kawasan perairan yang masih dalam status sengketa itu. Pernyataan itu dilontarkan ketika Hagel menghadiri forum keamanan Asia di Singapura, akhir pekan lalu. Sementara wakil kepala staff Beijing menyebut pernyataan Hagel itu "tidak berdasar dan tidak masuk akal." (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search