Fokus Pasar Mulai Beralih ke Data Yang Akan Rilis Pekan Ini

Fokus Pasar Mulai Beralih ke Data Yang Akan Rilis Pekan Ini

Senin, 01 September 2014 13:26:37 WIB

Monexnews -

Mengawali pekan ini, investor cukup kecewa dengan rilis data aktivitas manufaktur PMI China dari pemerintah maupun HSBC dimana keduanya kembali mencatat perlambatan di bulan Agustus.

Dan sepanjang pekan ini, pasar Asia masih akan mendapat market movers dari rapat kebijakan bank sentral Jepang (BOJ) di hari Kamis termasuk keputusan kebijakan dari bank sentral Australia (RBA) di hari Selasa.

BOJ diperkirakan kuat akan tetap menjaga kebijakan moneter-nya kendati muncul desakan terhadap penambahan stimulus menyusul sejumlah data yang masih tercatat di bawah ekspektasi. Pada hari Jumat lalu (29/08), inflasi Jepang tercatat naik 1,3% di bulan Juli, di bawah target inflasi bank sentral.

Sedangkan di hari Kamis (04/09), Jepang juga akan merilis data cadangan devisa Agustus serta coincident indicator dan leading indicator di akhir pekan. Sementara, selain memutuskan suku bunga, negeri Kanguru juga akan merilis data GDP kuartal II di hari Rabu termasuk data perdagangan dan retail sales pada hari Kamis.

Di lain pihak, Korea Selatan akan merilis sederet data-data seperti pertumbuhan inflasi, cadangan devisa dan revisi GDP kuartal II, yang sedianya akan tayang mulai hari Selasa hingga Kamis. Di awal pekan ini, kalangan investor telah dikecewakan oleh data ekspor Korsel yang menurun signifikan di bulan Agustus. Meski demikian neraca perdagangan masih mencatat kenaikkan surplus di Agustus dari bulan sebelumnya.

Dan untuk pekan ini, China masih menyisakan data sektor service-PMI dari pemerintah dan HSBC yang rencananya akan tayang pada hari Rabu. Di sisi lain, sentimen investor nampak akan termotivasi oleh indeks S&P 500 Amerika yang menutup bulan Agustus lalu dengan penguatan setelah mengukir kinerja yang apik sepanjang bulan Agustus lalu dengan kenaikkan 3,8%. Angka tersebut sekaligus mencatat kinerja bulan Agustus terbaik dalam 14 tahun terakhir.

(DaruWibisono)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search