Langkah China Berikan Prospek Apik Bagi Hang Seng

Langkah China Berikan Prospek Apik Bagi Hang Seng

Rabu, 28 Mei 2014 13:14:18 WIB

Monexnews -

Kinerja pasar saham Hong Kong nampak akan termotivasi oleh performa bursa Wall Street setelah indeks S&P 500 berhasil menorehkan rekor tertinggi berkat rilis sejumlah data fundamental yang apik.

Mengacu pada data-data Amerika Serikat (

AS) yang di rilis hari Selasa (27/5), setidaknya data durable goods dan consumer confidence meningkat di bulan April. Data home prices mengalami kenaikkan di bulan Maret dan data rilis cepat services PMI dari Markit untuk bulan Mei juga melanjutkan ekspansi. Di lantai bursa, sektor pengembang dan properti Hong Kong diprediksi akan bergairah sepanjang pekan ini lantaran bakal banyak di lirik investor setelah muncul kabar bahwa otoritas Beijing akan mengendurkan sistem pembatasan terhadap kepemilikan rumah baru yang kemungkinan akan diberlakukan di sejumlah kota di China.

Di saat yang sama, otoritas juga akan menambah anggaran subsidi terhadap perusahaan-perusahaan domestik guna memastikan sektor tersebut masih memiliki cukup modal untuk melanjutkan produktivitasnya sekaligus untuk menghindari default (kredit macet). Dan baru-baru ini, kalangan investor pun menyambut sejumlah langkah otoritas China sekaligus merupakan niat baik pemerintah dalam mendukung kalangan pengusahan dan industriawan. Dalam penjelasannya, otoritas China berencana akan menyederhanakan dan melunakkan prosedur terhadap proyek-proyek investasi yang telah masuk ke negeri tirai bambu. Sementara, Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional mengingatkan bahwa kalangan otoritas hendaknya tidak sewenang-wenang menunda batas tenggat persetujuan dan perizinan karena hal itu akan mengganggu independensi perusahaan. Langkah-langkah yang dikeluarkan oleh pemerintah tersebut tentu bukan hanya lips service semata. Buktinya hari ini saham sektor properti terlihat mendominasi bursa Hang Seng lantaran terseret saham China Vanke yang melesat hingga lebih dari 1.5 persen. Adapun rally China Vanke terjadi setelah muncul pengumuman bahwa pihaknya akan mendaftarkan diri di bursa Hong Kong pada awal semester dua tahun ini. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search