Pemangkasan Produksi Diperpanjang, Penguatan Harga Minyak Berpeluang Lanjut

Pemangkasan Produksi Diperpanjang, Penguatan Harga Minyak Berpeluang Lanjut

Selasa, 05 Desember 2017 19:22:18 WIB

Monexnews -Harga minyak berakhir lebih tinggi untuk bulan ketiga berturut-turut dan pertemuan OPEC akhir bulan lalu memberi tambahan dorongan penguatan harga.

Anggota OPEC dan Non-OPEC seperti Rusia sepakat untuk memperpanjang kesepakatan mereka memotong

produksi selama sembilan bulan lagi. Selain kesepakatan perpanjangan pemangkasan output, faktor fundamental lain yang menopang adalah pertumbuhan permintaan dunia yang melampaui pertumbuhan pasokan secara global. Faktor yang bisa menghambat kenaikan adalah produksi AS tetap tinggi sebagai respon produsen shale oil terhadap harga yang membaik.

Kami percaya bahwa sementara bias jangka menengah untuk minyak masih tetap positif, $ 60-62 merupakan level resisten.

Komitmen OPEC untuk memasok pemangkasan tahun ini ditambah dengan permintaan yang kuat telah menyebabkan penarikan persediaan secara global dan telah mengakibatkan pengetatan keseimbangan pasar.

Dengan perpanjangan kesepakatan tersebut, secara efektif,

pemangkasan pasokan minyak sebesar 1,8 juta barel per hari akan bertahan di pasar untuk satu tahun lagi dan membantu menyeimbangkan pasar minyak global. Perpanjangan kesepakatan sembilan bulan sebagian besar diperhitungkan dalam harga tetapi fakta bahwa Libya dan Nigeria telah secara informal sepakat untuk menghentikan produksi pada level 2017 akan memberikan dorongan tambahan terhadap harga dalam jangka menengah.

Dari sudut pandang mendasar, pasar minyak global telah mengalami defisit kecil selama beberapa bulan terakhir karena pertumbuhan pasokan global telah melambat dan karena kepatuhan OPEC terhadap pemotongan telah membaik. Produksi minyak OPEC turun 80.000 bph menjadi 32,78 mbph pada bulan Oktober dan keseluruhan kepatuhan menyentuh 92 persen.

(Irdy)


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search