Sentimen Asia Akan Terusik Isu Geopolitik

Sentimen Asia Akan Terusik Isu Geopolitik

Senin, 16 Juni 2014 12:22:27 WIB

Monexnews -

Faktor geopolitik kemungkinan akan membayangi sentimen pasar Asia sepanjang pekan ini terkait meningkatnya eskalasi ketegangan di negara Irak menyusul semakin gencarnya aksi pemberontakan yang kian meluas di negara itu.

Negara Amerika Serikat dan Iran bahkan dilaporkan tengah mempertimbangkan bantuan militer terbatas guna mencegah kian meluasnya aksi pemberontakan tersebut. Di pasar Jepang, sentimen investor akan kembali di hantui oleh nilai tukar Yen yang masih di bawah kisaran 102 terhadap dollar AS.

Bila kondisi tersebut berlangsung lama, sektor eksportir Jepang akan mengalami kerugian akibat ekspektasi pendapatan yang menurun lantaran produknya menjadi kurang bersaing di pasar internasional. Sementara bursa Seoul Korea Selatan masih akan mencari katalis positif terbaru setelah kalangan investor kecewa dengan hasil revisi penurunan terhadap data-data ekonomi domestik yang rilis pekan lalu. Pada hari Jumat lalu, pemerintah Korea Selatan merevisi turun angka ekspor menjadi (-1%) di bulan Mei, dibanding catatan pertama (-0.9%).

Namun demikian bursa Hang Seng pekan ini berpotensi menguat lebih lanjut setelah para investor menyambut data-data ekonomi domestik China yang apik sepanjang pekan lalu sehingga meredam kecemasan terhadap masalah perlambatan ekonomi di negeri tirai bambu.

Setidaknya data industrial output, retail sales mencatat angka yang meningkat di bulan Mei dari bulan sebelumnya. Bahkan bank sentral China (PBOC) melaporkan total pinjaman perbankan ke masyarakat (new yuan loans) meningkat menjadi $140 miliar di bulan Mei, lebih tinggi dari bulan sebelumnya dan di atas ekspektasi. Dan pekan ini, pasar masih akan disuguhkan oleh data China - foreign direct investment yang sedianya akan rilis hari Selasa serta data harga rumah China di hari Rabu. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search