Akhir Pekan, Indeks Bursa Eropa Lebih Rendah  Respons Stimulus ECB

Akhir Pekan, Indeks Bursa Eropa Lebih Rendah Respons Stimulus ECB

Jum'at, 08 Maret 2019 16:48:12 WIB

Bursa saham Eropa dibuka di zona merah pada perdagangan Jumat (8/3/2019) sebagai dampak keputusan bank sentral Eropa (European Central Bank/ECB) pada pertemuan kebijakan moneter Kamis kemarin.

Stoxx 600 melemah 0,67 persen atau 2,49 poin ke 371,39, FTSE 100 London lebih rendah 0,87persen, atau 62 poin ke 7095, DAX Jerman tergerus 0,65 persen, atau 82,5 poin ke 11.433 dan CAC 40 Perancis terkoreksi 0,53 persen, 27,9 poin ke level 5.239.

Pada konferensi pers usai pertemuan ECB, Presiden ECB Mario Draghi mengungkapkan pemangkasan outlook pertumbuhan zona euro, dari semula 1,7 persen enam bulan lalu menjadi 1,1 persen. ECB juga mengeluarkan program stimulus berupa pinjaman jangka panjang ke perbankan guna mendorong inflasi ke angka target 2 persen. Padahal ECB telah menghentikan program stimulus berupa pembelian surat utang pada akhir tahun lalu.

ECB menggulirkan targeted longer-term refinancing operations tahap III (TLTRO III) atau operasi refinancing jangka panjang yang ditargetkan. Pinjaman ini diberikan kepada bank yang bersedia meminjamkan kembali ke masyarakat atau dunia bisnis guna merangsang ekonomi yang sedang melambat.

Bank penerima dana TLTRO ini juga akan mendapat insentif berupa cash back atau uang tambahan jika terbukti sudah menyalurkan dana ini ke masyarakat, bukannya membayar bunga ke ECB sebagai lender.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search