Asia Kembali Dilanda Aksi Jual Terkait Geopolitik, Wall St.

Asia Kembali Dilanda Aksi Jual Terkait Geopolitik, Wall St.

Rabu, 06 Agustus 2014 09:06:51 WIB

Monexnews -

Suasana aksi jual kembali melanda pasar Asia terutama akibat sikap pesimis investor terkait anjloknya bursa saham Wall Street serta kekhawatiran atas eskalasi ketegangan antara Russia dan Ukraina yang dapat memicu konflik militer.

Wall Street kembali di landa aksi jual sekaligus mengapus gain yang di dapat pada hari Senin sehingga membawa indeks ke level terendah sejak bulan Mei lalu. Merosotnya harga minyak dunia, tembaga dan harga emas, turut membuat saham-saham berbasis energi ikut terkoreksi di sejumlah lantai bursa.

Selain itu, kecemasan bahwa Federal Reserve akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari jadwal sebelumnya terkait sinyal ekonomi yang mendapatkan momentum, juga termasuk salah satu latar belakang yang ikut mempengaruhi pergerakan pasar.

Sentimen lain yang juga akan membebani pasar Asia sepanjang pekan ini adalah kekhawatiran masalah kredit macet perbankan di negara Portugal menyusul bailout yang diberikan oleh bank sentral Portugal kepada bank terbesar di negara itu - Banco Espirito Santo. Masalah default Argentina juga turut akan membayangi sentimen investor pekan ini. Alhasil, sejumlah katalis negatif tersebut kemungkinan akan cukup sulit untuk diantisipasi sehingga aksi jual investor dikhawatirkan akan terus terjadi sepanjang pekan ini seiring mereka mengalihkan investasinya ke instrumen lain yang lebih aman. Namun di tengah kecemasan tersebut, pasar masih akan mendapat agenda penting dari Jepang dan China sebagai fokus perhatian mereka. Data current account Jepang bulan Juni sedianya akan tayang hari Rabu. Sedangkan Bank Sentral Jepang (BOJ) akan mengumumkan hasil kebijakannya termasuk keputusan suku bunga pada hari Jumat. Sementara laporan neraca perdagangan China juga akan rilis hari Jumat termasuk data CPI dan PPI China yang akan di umumkan pada hari Sabtu (9/8). (DaruWibisono)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search