Awal Pekan, Indeks Nikkei Ditutup Melemah Hampir 1%

Awal Pekan, Indeks Nikkei Ditutup Melemah Hampir 1%

Senin, 08 Juli 2019 17:00:30 WIB

Indeks acuan Nikkei Bursa Tokyo kehilangan hampir satu persen pada hari Senin, mengikuti kejatuhan di Wall Street, karena investor melakukan aksi ambil untung dari kenaikan harga saham pekan lalu.

Indeks Nikkei 225, yang melonjak lebih dari 2,2 persen pada minggu sebelumnya, turun 0,98 persen, atau 212,03 poin, menjadi ditutup pada 21,534,35, sedangkan indeks Topix yang lebih luas turun 0,89 persen, atau 14,18 poin pada 1,578,40.

Pasar saham Tokyo mengambil petunjuk negatif dari New York pada akhir pekan lalu. Saham AS mundur dari rekor dan melemah pada Jumat karena data pekerjaan AS yang lebih baik dari perkiraan mengaburkan harapan investor untuk penurunan tajam suku bunga di ekonomi terbesar dunia.

Kekhawatiran geopolitik membebani pasar menyusul berita pada hari Minggu bahwa Iran akan melanggar batas persediaan atau uranium yang diperkaya rendah yang disepakati berdasarkan perjanjian nuklir. Faktor geopolitik ini membangkitkan sentimen safe haven sehingga menguatkan yen, sekaligus melemahkan saham-saham Jepang berorientasi ekspor.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search