Batas Perpanjangan Waktu Brexit Kian Dekat,  Bursa Saham Eropa Tertekan

Batas Perpanjangan Waktu Brexit Kian Dekat, Bursa Saham Eropa Tertekan

Senin, 08 April 2019 17:14:59 WIB

Indeks Bursa Saham Eropa melayang lebih rendah seiring harga minyak mentah terus bergerak naik karena laporan ketegangan geopolitik. Batas waktu perpanjangan Brexit kian dekat yaitu Jumat pekan ini namun Partai Konservatif yang berkuasa di Inggris dan Partai Buruh, pihak oposisi belum mencapai kesepahaman mengenai perubahan isi kesepakatan Brexit.

Stoxx 600 turun 0,26 persen menjadi 387,5, setelah naik 0,1 persen pada Jumat. DAX Jerman, melemah 0,45 persen dan FTSE 100 di Inggris sempat memimpin penurunan regional dengan koreksi 0,29 persen.

Pertempuran yang meningkat antara pasukan pemerintah dan pemberontak di Libya menambah banyak faktor yang menaikkan harga minyak. Pemotongan produksi yang sedang berlangsung oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) telah mendorong harga dalam beberapa bulan terakhir.

Tetapi data penyerapan tenaga kerja sektor non pertanian AS yang naik tiga kali lipat dari bulan Februari dan perkembangan positif pembicaraan perdagangan AS-China telah mendorong harga minyak ke rentang tertinggi baru.

Pembicaraan Brexit antara tim-tim yang dipimpin oleh Perdana Menteri Theresa May selaku pimpinan Partai Konservatif dan pemimpin oposisi Partai Buruh Jeremy Corbyn dijadwalkan akan berlanjut pada hari Senin meskipun ada pernyataan Partai Buruh pada Jumat lalu bahwa pemerintah Konservatif belum menawarkan untuk berkompromi pada salah satu masalah utamanya.

Dengan memudarnya optimisme, fokus beralih ke pertemuan puncak Brexit darurat Dewan Eropa hari Rabu. Para pemimpin UE mengisyaratkan bahwa pihaknya tidak akan memberi perpanjangan waktu Brexit lebih lama seperti yang diminta PM May kecuali jika disertai dengan rencana terperinci.

Dengan sisa waktu perpanjangan sampai 12 April nanti, Inggris sepertinya akan pergi tanpa kesepakatan pada hari Jumat, meskipun hanya sedikit di media Inggris yang mengharapkan hasil seperti itu.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search