Berlanjutnya Pelemahan Yen Topang Eksportir Jepang

Berlanjutnya Pelemahan Yen Topang Eksportir Jepang

Selasa, 03 Juni 2014 12:23:22 WIB

Monexnews -

Hingga sesi siang di perdagangan hari Selasa (3/6), indeks utama Nikkei Jepang terpantau bertengger kokoh di kisaran kuatnya setelah pada sesi kemarin rebound hingga 1.8%. Adapun penguatannya terutama berkat berlanjutnya pelemahan nilai tukar yen yang terkombinasi oleh sejumlah pernyataan positif dari para petinggi Jepang.

Kalangan investor nampak terus mengoleksi saham berbasis eksportir setelah nilai kurs yen tercatat melemah hingga 102.45 versus dollar AS di pasar uang Tokyo. Setidaknya sejumlah blue-chips eksportir mengalami rally seperti saham Hitachi (+1.4%), Mitsubishi Electric (+2%) dan saham Kyocera (+1.7%) termasuk saham Panasonic (+1.2%). Sejumlah pernyataan dari pimpinan Bank of Japan (BoJ) - Haruhiko Kuroda, dan menteri keuangan Taro Aso juga ikut menopang sentimen. Kuroda mengatakan dirinya tidak akan ragu-ragu untuk menyesuaikan kebijakan jika muncul risiko yang dapat mengancam target inflasi BoJ sebesar 2%. Sementara Taro Aso mengatakan pihaknya akan mulai menurunkan tarif pajak penghasilan pada tahun fiskal berikutnya jika pemerintah bisa menemukan cara untuk menebus pendapatan yang telah hilang. Selain itu, sentimen investor nampak masih termotivasi oleh data yang rilis Senin kemarin yang menunjukkan capital expenditure melonjak hingga 7.4% pada triwulan pertama tahun ini berbasis annual, dibanding periode sebelumnya di angka 4%. Sementara aktivitas manufaktur PMI Jepang pada bulan Mei tercatat naik menjadi 49.9 dari bulan sebelumnya pada level 49.4. Indeks utama Nikkei (N225) tercatat rally +0.86% atau meraup gain sebanyak +128.69 dan dengan mudahnya melenggang ke atas 15000 untuk mencatat level 15064.61 setelah melejit hingga 15091.49. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search