Bursa Asia Akhir Pekan Ditutup Menguat Dipicu Optimisme Negosiasi AS-China

Bursa Asia Akhir Pekan Ditutup Menguat Dipicu Optimisme Negosiasi AS-China

Jum'at, 01 Maret 2019 16:08:51 WIB

Saham Asia sebagian besar ditutup lebih tinggi pada hari Jumat setelah sebuah laporan menyebutkan bahwa para pemimpin Cina dan AS kemungkinan mencapai kesepakatan perdagangan dalam beberapa minggu ke depan.

Menurut Bloomberg, para pejabat AS sedang mempersiapkan kesepakatan perdagangan akhir jelang pertemuan puncak antara Presiden Donald Trump dan pemimpin China Xi Jinping, yang dapat berlangsung segera pada pertengahan Maret.

Indeks Nikkei 225 NIK Jepang bertambah 1,02 persen dan Hang Seng Hong Kong naik 0,69 persen. Indeks Shanghai Composite ditutup menguat 1,80 persen dan S&P ASX / 200 Australia berubah 0,38 persen lebih tinggi.

Pedagang berharap bahwa perang tarif yang dilakukan oleh dua ekonomi terbesar dunia akan segera berakhir jika kesepakatan tercapai.

Trump dan Xi sepakat untuk gencatan senjata tarif 90 hari pada bulan Desember setelah menaikkan pajak impor atas barang masing-masing senilai ratusan miliar dollar. AS berencana untuk memukul China dengan gelombang tarif baru setelah perjanjian berakhir pada hari Sabtu besok (1/3).

Namun di tengah lambatnya kemajuan pada pembahasan isu-isu yang jadi keberatan AS antara lain kebijakan wajib transfer teknologi Beijing, Trump mengatakan dia akan menunda waktu kenaikan tarif untuk memberi kedua negara lebih banyak waktu untuk membahas kesepakatan walau Trump tidak mengatakan berapa lama.

Pembelian saham-saham di Asia juga didukung oleh pengumuman oleh MSCI, penyedia indeks dan analisis terkemuka. MSCI mengatakan akan meningkatkan empat kali lipat saham China A di indeks globalnya pada November. Ini juga akan menambah lebih banyak saham China ke Indeks Pasar Berkembangnya.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search