Bursa Asia di Zona Merah Respons Ketidakpastian Kesepakatan Perdagangan AS-China

Bursa Asia di Zona Merah Respons Ketidakpastian Kesepakatan Perdagangan AS-China

Jum'at, 08 Februari 2019 11:13:58 WIB

Bursa Saham Asia melemah pada hari Jumat karena investor khawatir tentang pelambatan ekonomi global yang meluas, dengan sentimen tidak terbantu oleh tidak adanya tanda-tanda positif untuk resolusi dalam perselisihan perdagangan AS-China.

Obligasi pemerintah safe-haven diuntungkan dalam menghadapi kecemasan yang meningkat atas prospek global, dengan imbal hasil utang jangka panjang Jerman jatuh ke level terendah dalam lebih dari dua tahun.

Indeks MSCI dari saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,13 persen, turun kembali dari puncak empat bulan yang digapai hari sebelumnya. Indeks turun 0,3 persen dalam seminggu.

Hang Seng Hong Kong kehilangan 0,49 persen dan KOSPI Korea Selatan mundur 1,10 persen. Nikkei Jepang jatuh 1,84 persen.

Komisi Eropa pada hari Kamis memotong tajam perkiraan pertumbuhan ekonomi zona euro tahun ini dan berikutnya, memicu kekhawatiran perlambatan global menyebar ke Eropa karena bisnis dan investor bergulat dengan gesekan perdagangan.

Menambah suasana suram, Presiden AS Donald Trump mengatakan dia tidak berencana untuk bertemu dengan Presiden Cina Xi Jinping sebelum batas waktu 1 Maret untuk mencapai kesepakatan perdagangan.

"Investor menjadi gugup karena sebelumnya pasar optimis tentang penyelesaian sengketa perdagangan sejak awal tahun," kata Shusuke Yamada, kepala FX Jepang dan ahli strategi ekuitas di Bank Of America Merrill Lynch.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search