Bursa Asia Kompak Melemah Respons Kebijakan Stimulus ECB

Bursa Asia Kompak Melemah Respons Kebijakan Stimulus ECB

Jum'at, 08 Maret 2019 13:03:52 WIB

Bursa saham Asia kompak melemah merespons sikap dovish bank sentral Eropa (ECB) dan kebijakan barunya yang menegaskan zona euro sedanga mengalami perlambatan ekonomi.

Nikkei 225 Jepang terpangkas 2,07 persen ke 21.012,43, Hang Seng melemah 1,43 persen ke 28.369,44 dan indeks komposit Shanghai terkoreksi 2,9 persen ke 3.016,35. Demikian pula Kospi Korea Selatan yang mundur 1,23 persen ke 2.139 dan ASX Australia yang 0,96 persen lebih rendah ke 6.203.

Usai pertemuan kebijakan moneternya, Presiden ECB Mario Draghi mengatakan bunga acuan ECB akan ditunda kenaikannya hingga 2 tahun mendatang. Hal ini menyusul data ekonomi yang memperlihatkan target inflasi 2 persen makin jauh untuk digapai tahun ini.i

Untuk mengatasi perlambatan ekonomi ini ECB meluncurkan program pinjaman lunak jangka panjang tahap ketiga (TLTRO III).

Melalui TLTRO, ECB memberikan pinjaman jangka panjang kepada bank dan menawarkan mereka insentif untuk meningkatkan pinjaman mereka kepada dunia bisnis dan konsumen di kawasan euro.

Jika bank komersial meminjamkan uang ECB untuk disalurkan ke sektor riil, mereka menerima cash back bukan malah membayar bunga pinjaman tersebut.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search