Bursa Asia Makin Tertekan Jelang Pemberlakuan Tarif Impor Besok

Bursa Asia Makin Tertekan Jelang Pemberlakuan Tarif Impor Besok

Kamis, 05 Juli 2018 12:01:09 WIB

Bursa Saham Asia tergelincir pada hari Kamis berbarengan dengan kejatuhan yuan terhadap dollar karena pasar yang khawatir menjelang pemberlakuan tarif impor oleh Amerika Serikat dan China terhadap barang dari kedua negara Jumat besok. Pemberlakuan tarif impor ini sekaligus meningkatkan kekhawatiran perang perdagangan global benar terjadi.

Pemerintahan Donald Trump akan resmi memberlakukan tarif pada barang impor senilai $ 34 miliar dari China Jumat besok - dibalas pemerintah China dengan kebijakan serupa pada barang asal AS dengan nilai yang sama.

Penurunan yuan dan saham ini terjadi pada hari yang sama dengan berlakunya kebijakan bank sentral China menurunkan syarat cadangan untuk bank lokal, yang diharapkan bisa menambah likuiditas dalam sistem keuangan.

Indeks CSI300 blue chip (CSI300) mengakhiri sesi perdagangan pagi turun 0,59 persen, dan Shanghai Composite Index turun 0,88 persen. Indeks Hang Seng Hong Kong (HSI) juga turun sekitar 0,8 persen disusul Kospi Korea yang terkoreksi 0,72 persen atau 16 poin. Indeks Nikkei melemah 1.15 persen atau 250 poin seiring penguatan mata uang yen Jepang karena investor beralih ke yen sebagai aset safe haven.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search