Bursa Asia Melemah di Tengah Ketegangan Geopolitik Global

Bursa Asia Melemah di Tengah Ketegangan Geopolitik Global

Selasa, 23 Oktober 2018 11:15:51 WIB

Pasar saham Asia jatuh pada perdagangan Selasa (23/10/2018) karena investor tetap berhati-hati di tengah meningkatnya ketegangan global. Investor tetap berhati-hati atas meningkatnya ketegangan geopolitik di seluruh dunia.

Seorang pejabat Saudi memberi akhir pekan ini sebuah laporan baru tentang kematian jurnalis Jamal Khashoggi, yang menyimpang dari pernyataan resmi sebelumnya dari Arab Saudi. Kematian Khashoggi telah menyebabkan kritik global terhadap Arab Saudi dan telah menyebabkan gejolak di seluruh pasar global. Pekan lalu, investor asing dilaporkan menjual saham-saham perusahaan Arab Saudi senilai lebih dari $ 1 miliar.

Sementara itu, perang perdagangan AS-Cina tetap menjadi fokus untuk pasar. Seorang pejabat China mengatakan kepada para investor Amerika pada pertemuan bahwa Beijing tidak "takut" akan perang dagang dengan Washington.

Bursa saham di China daratan berada di wilayah negatif di awal perdagangan setelah melihat kenaikan kuat selama dua sesi terakhir. Indeks Hang Seng Hong Kong turun 2.27% sementara komposit Shanghai menurun 1.37% dan indeks komposit Shenzhen turun 0,55 %.

Sementara Nikkei berkurang 2.22% dan Kospi minus 2.51%. Bagian Asia lainnya ASX Australia terpangkas 0.84%.

Bursa Shanghai menguat dalam dua hari perdagangan sebelumnya lebih disebabkan stimulus dari pemerintah China. Ahli strategis di DBS Group Research dalam catatan pagi mengatakan setiap stimulus oleh China harus dilihat bukan sebagai dorongan tetapi sebagai bantalan melawan ekonomi yang melambat terhadap headwinds eksternal.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search