Bursa Asia Menguat Usai Trump Berencana Bertemu Presiden China di Pertemuan G-20

Bursa Asia Menguat Usai Trump Berencana Bertemu Presiden China di Pertemuan G-20

Rabu, 19 Juni 2019 11:35:31 WIB

Pasar Saham Asia melonjak pada perdagangan Rabu, menyusul harapan kesepakatan perdagangan AS-China dan kenaikan kuat di Wall Street semalam.

Nikkei Jepang naik 1,73%, meskipun data yang menunjukkan ekspor pada Mei turun untuk bulan keenam berturut-turut, dan Indeks Hang Seng Hong Kong melonjak 2,33%. Shanghai Composite naik 1,5% sedangkan Shenzhen Composite bertambah 2,24%. Kospi Korea Selatan menanjak naik 1% dan indeks patokan di Australia naik 1,07%.

Presiden Donald Trump memberi harapan ke pasar akan adanya kesepakatan perdagangan dengan China setelah mengatakan di akun Twitter-nya bahwa memiliki "percakapan telepon yang sangat baik" dengan Presiden China Xi Jin ping, dan mengatakan mereka akan bertemu pada pertemuan G-20 di Osaka, Jepang, akhir bulan ini.

Pernyataan Trump cukup untuk membuat indeks di Wall Street mengalami reli panjang, dengan indeks S&P 500 berakhir 1% lebih tinggi menjadi 2.917,75, Dow Jones naik 353,01 poin, atau 1,4%, menjadi 26,465,54, dan Nasdaq melonjak 108,86 poin, atau 1,4%, menjadi 7.953,88. S&P 500 saat ini berjarak kurang dari 1% di bawah rekor tertinggi sepanjang masa pada 30 April.

Pasar juga mendapat dorongan setelah kepala Bank Sentral Eropa mengatakan siap untuk menurunkan suku bunga dan memberikan stimulus ekonomi tambahan jika perlu. Pernyataan itu menyoroti Federal Reserve AS, yang memiliki keputusan sendiri tentang suku bunga yang dijadwalkan akan diumumkan Kamis dini hari nanti. Banyak yang berpikir bank sentral AS mungkin menuju penurunan suku bunga pertamanya dalam lebih dari satu dekade pada beberapa bulan mendatang.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search