Bursa Eropa Berakhir Variatif, DAX Catat Penurunan Mingguan Pertama Dalam 2 Bulan

Bursa Eropa Berakhir Variatif, DAX Catat Penurunan Mingguan Pertama Dalam 2 Bulan

Sabtu, 28 Maret 2015 02:09:41 WIB

Monexnews - Bursa saham Eropa ditutup variatif pada hari Jumat, konflik yang terjadi di Yaman masih menjadi faktor penggerak pasar di perdagangan terakhir pekan ini. Arab Saudi dan sekutunya melanjutkan serangan ke kelompok pemberontak Houthi di Yaman pada hari Jumat. Menteri Luar Negeri Yaman, Riyadh Yaseen, mengatakan operasi militer kemungkinan akan berakhir dalam beberapa hari ke depan, dan ia tidak mengharapkan akan berlangsung dalam waktu yang lama.

Selain itu, Reuters melaporkan pemerintah Yunani dikabarkan akan menyerakkan daftar reformasi kepada krediturnya pada hari Jumat. Dengan penyerahan tersebut Yunani program perpanjangan bailout akan kembali cair. Pemerintah Yunani dan krediturnya menyepakati perpanjangan program bailout selama empat bulan pada bulan Februari lalu, namun Yunani belum akan mendapat dana tersebut jika kedua belah pihak belum sepakat mengenai program reformasi Yunani.

Bursa Eropa sendiri tahun ini telah mencapai level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir, namun selama pekan ini mendapat tekanan setelah nilai tukar euro berbalik menguat terhadap dollar. Setelah rally selama 10 pekan terkahir, DAX Jerman akhirnya melemah di pekan ini sebesar 1,4%. Pada hari Jumat DAX berhasil menguat 0,2% menjadi 11.868,33. Indeks CAC 40 Perancis naik 0,6% menjadi 5.034,06. Sementara indeks FTSE 100 melemah 0,6% menjadi 6.855,02, tertekan penurunan saham sektor penambangan dan energi. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search