Bursa Eropa di Zona Merah, Tertekan  Berita Anggaran Italia

Bursa Eropa di Zona Merah, Tertekan Berita Anggaran Italia

Rabu, 14 November 2018 18:44:51 WIB

Bursa Saham Eropa bergerak melemah di perdagangan Rabu (14/11/2018), menyusul berita negatif terkait anggaran Italia dan juga data awal GDP kuartal ketiga Jerman yang mengalami kontraksi dibanding kuartal sebelumnya.

DAX Jerman melemah 0,48 persen, disusul CAC Perancis terpangkas 0,50 persen, dan STOXX 600 Pan Eropa melemah 0,53 persen, demikian juga FTSE Milan yang terjun dalam 1,35 persen merespons berita keteguhan sikap pemerintah Italia dalam anggaran tahun depan. Hanya FTSE London yang positif 0,09 persen karena berita baik dari negosiasi Brexit.

Draft perjanjian Brexit tercapai pada pertemuan Inggris-Uni Eropa, Selasa kemarin namun diperkirakan akan menemui hambatan saat meminta persetujuan di parlemen dan kabinet hari ini. Pasalnya, banyak anggota parlemen yang tidak rela dengan posisi Inggris pada perjanjian yang dinilai lemah.

Pemerintah Italia yang didominasi partai-partai sayap kanan mempertahankan sikap pada defisit anggaran tahun depan di angka 2,4 persen dari produk domestik bruto atau Gross Domestic Product (GDP). Permerintah mengimbanginya dengan menaikkan target pertumbuhan ekonominya namun target pertumbuhan ini dianggap Komisi Eropa sebagai hal yang tak masuk akal.

Sementara dari Jerman dilaporkan adanya kontraksi GDP selama kuartal ketiga sebesa 0,2 persen, lebih rendah dari estimasi penurunan 0,1 persen GDP dibandingkan kuartal kedua. Kondisi ekonomi kuartal ketiga ini, jauh dibandingkan kuartal kedua yang tumbuh 0,5 persen dibanding kuartal pertama.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search