Bursa Eropa Dibuka Melemah di Tengah Data Penurunan Ekspor-Impor China

Bursa Eropa Dibuka Melemah di Tengah Data Penurunan Ekspor-Impor China

Senin, 14 Januari 2019 18:35:49 WIB

Bursa saham Eropa dibuka lebih rendah pada Senin pagi, setelah kontraksi yang mengejutkan dalam ekspor China meningkatkan kekhawatiran perlambatan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Indeks Pan-Eropa Stoxx 600 turun sekitar 0,5 persen tak lama setelah bel pembukaan, dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan data ekonomi, di tengah meningkatnya kekhawatiran perlambatan lebih tajam dari yang diperkirakan dalam pertumbuhan global dan keuntungan perusahaan. Itu terjadi setelah data resmi dari China pada hari Senin menunjukkan impor turun 7,6 persen tahun ke tahun di bulan Desember, sementara analis telah mengantisipasi kenaikan 5 persen.

Sementara itu, ekspor negara itu secara tak terduga turun 4,4 persen, menentang proyeksi kenaikan 3 persen. Berita itu muncul untuk memperkuat kekhawatiran bahwa tarif AS untuk barang-barang Cina mulai mengambil korban besar pada ekonomi pendinginan China.

Di Asia, indeks MSCI dari saham Asia Pasifik, tidak termasuk Jepang, tergelincir sekitar 1 persen pada hari Senin.

Kembali ke Eropa, Brexit tetap menjadi sorotan bagi para pelaku pasar. Itu karena anggota parlemen Inggris siap untuk memilih pada kesepakatan Brexit Perdana Menteri Theresa May banyak difitnah pada hari Selasa.

Hebatnya, draft kesepakatan PM May-Uni Eropa untuk keluar dari blok menghadapi kekalahan hampir pasti. Hal itu mendorong prospek kehancuran total pemerintah, atau Hard Brexit.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search