Bursa Eropa Dibuka Melemah di Tengah Situasi Politik Jerman

Bursa Eropa Dibuka Melemah di Tengah Situasi Politik Jerman

Senin, 02 Juli 2018 14:59:31 WIB

Bursa saham Eropa dibuka lebih rendah pada perdagangan awal pekan seiring investor merespons negatif perkembangan politik di Jerman dan tensi hubungan dagang Uni Eropa dan AS.

Indeks Pan Eruopean Stoxx 600 berada 1,1 persen lebih rendah dari posisi akhir pekan. Indeks FTSE London berkurang 1,24 persen atau 95 poin, DAX 30 Jerman terpangkas 1,32 persen atau setara 162 poin ke 12143 dan CAC 40 diperdagangkan di 5244.29, melemah 1,49 persen atau 79 poin.

Menteri Dalam Negeri Jerman Horst Seehofer secara mendadak mengajukan pengunduran diri karena berbeda pendapat dengan Kanselir Angela Merkel mengenai masalah imigrasi. Pengunduran diri Seehofer dianggap serius karena bisa mempengaruhi masa depan kekuasaan Merkel dikarenakan pengaruh Seehofer yang besar di parlemen.

Dari isu perang dagang, tensi perdagangan AS-Uni Eropa kembali memanas setelah Uni Eropa dikabarkan siap menerapkan tarif impor pada produk asal AS senilai $300 miliar, jika AS tetap bersikukuh menerapkan tarif iimpor pada mobil asal Eropa. Gedung Putih sendiri sedang menyiapkan draf RUU yang memungkinkan pemerintahan Donald Trump bisa menaikkan tarif impor tanpa persetujuan Kongres AS.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search