Bursa Eropa Lebih Rendah Tertekan Data Ekonomi Terbaru

Bursa Eropa Lebih Rendah Tertekan Data Ekonomi Terbaru

Kamis, 07 Februari 2019 18:07:56 WIB

Bursa Saham Eropa dibuka lebih rendah Kamis pagi, tertekan oleh data ekonomi terbaru zona euro yang lebih buruk dari estimasi sehingga memundurkan perkiraan pelaksanaan kenaikan bunga bank sentral Eropa (ECB). Di sisi lain pelaku pasar memantau kesibukan terbaru dari hasil kinerja perusahaan di tahun lalu.

Stoxx 600 turun 0,45 persen setelah bel pembukaan, dengan semua sektor dan bursa utama di wilayah negatif. FTSE 100 London melemah 0,07 persen, dan CDAX Jerman terkoreksi 0,97 persen. Sementara CAC 40 Perancis terpangkas 0,55 persen.

Prospek kenaikan bunga ECB mundur dari kuartal ketiga 2020 menjadi akhir tahun 2020 setelah adanya tanda-tanda perlambatan pertumbuhan zona euro mengikuti melambatnya pertumbuhan di China akibat perang dagang.

Data terbaru hari ini turut menekan ekonomi zona euro. Produksi industri Jerman selama bulan terakhir 2018 menunjukkan adanya penurunan sebesar 0.4% dibandingkan bulan sebelumnya, lebih rendah dari estimasi adanya pertumbuhan 0.8%, namun lebih baik dari bulan November yang anjlok 1.3%.

Fokus pasar sebagian besar selaras dengan perkembangan perdagangan global, dengan para pejabat dari dua ekonomi terbesar di dunia siap untuk bertemu untuk putaran baru pembicaraan minggu depan.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin mengatakan pada hari Rabu, perwakilan perdagangan dari Washington dan Beijing akan bertujuan untuk mencapai kesepakatan minggu depan. Pembicaraan datang dengan kurang dari tiga minggu sebelum tenggat 2 Maret, pelaksanaan kenaikan tarif AS untuk produk-produk China.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search