Bursa Eropa Menguat Saat Dollar Melemah

Bursa Eropa Menguat Saat Dollar Melemah

Selasa, 21 Agustus 2018 16:09:16 WIB

Bursa Eropa dibuka menguat pada Selasa, karena komentar dari Presiden Donald Trump membebani dollar dan menguji optimisme pasar menjelang pembicaraan perdagangan AS-China.

Indeks Stoxx 600 pan-Eropa naik sekitar 0,2 persen sesaat setelah bel pembukaan, dengan sebagian besar sektor dan bursa utama di wilayah negatif.

Saham sumber daya alam Eropa menjadi salah satu saham terburuk selama transaksi pagi hari, turun sekitar 0,3 persen di tengah berita kinerja perusahaan dan ketegangan perdagangan global. BHP Billiton melaporkan lonjakan laba tahunan sebesar 33 persen pada hari Selasa, tetapi penambang terbesar di dunia itu juga memperingatkan investor tentang penundaan penghematan di masa depan serta beberapa tekanan biaya selama beberapa bulan mendatang.

DAX Jerman mendaki 0.47 persen, CAC 40 Bursa Perancis menguat 0.51 persen dan FTSE 100 London naik tipis 0.01% dengan beban masih sekitar masa depan negosiasi Brexit yang belum jelas.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters pada hari Senin, presiden AS menuduh Beijing memanipulasi yuan untuk mengimbangi hambatan akibat tarif perdagangan yang dikenakan oleh Washington pada beberapa produk impor dari China. Tidak hanya yuan, Trump juga menuduh mata uang euro telah dimanipulasi.

Trump juga menyatakan kekesalannya pada kebijakan Federal Reserve yang tak mampu menahan laju kenaikan bunga sehingga dollar bertambah kuat dan mengganggu usaha pemerintahannya mengurangi defisit perdagangan karena ekspor AS jadi kurang kompetitif.

Komentar Trump muncul untuk menahan sentimen pasar menjelang pembicaraan perdagangan mendatang antara dua ekonomi terbesar dunia.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search