Bursa Eropa Rebound Dipicu Kebijakan Stimulus Bank Sentral

Bursa Eropa Rebound Dipicu Kebijakan Stimulus Bank Sentral

Kamis, 13 Juni 2019 18:27:47 WIB

Bursa Saham Eropa rebound pada Kamis karena meningkatnya peluang penurunan bunga Federal Reserve. Kenaikan saham-saham Eropa juga dipicu peristiwa lelang jaringan 5G Jerman mendorong indeks telekomunikasi lebih tinggi, sementara insiden tanker menyebabkan harga minyak melonjak.

Pan-European Stoxx 600 pulih 0,29% dari penurunan 0,2% Rabu kemarin setelah bel pembukaan selama sesi pagi. Saham telekomunikasi memimpin kenaikan dengan kenaikan 0,7% setelah lelang 5G Jerman, sementara stok minyak dan gas juga naik 0,6%. DAX Jerman naik 0,52%, FTSE London menguat 0,32 % sementara CAC 40 Peracis bertambah 0,12%.

Sebuah jajak pendapat Reuters dari para ekonom mengatakan peluang penurunan suku bunga oleh Federal Reserve AS telah meningkat tajam, mengutip ketegangan perdagangan global. Analisis menyebutkan trader tampaknya mengabaikan potensi stimulus oleh Bank Sentral Eropa, karena euro atau imbal hasil obligasi Jerman tidak bereaksi seperti yang diharapkan untuk pembicaraan dovish pekan lalu di pertemuan ECB. Dari China, China Daily melaporkan bahwa para ekonom memperkirakan pengurangan rasio persyaratan cadangan (RRR) di perbankan lokal China, serta kemungkinan penurunan suku bunga, untuk mengatasi perlambatan ekonomi akibat ketegangan perang perdagangan dengan AS.

Harga minyak rebound lebih dari 3% pada Kamis pagi di tengah laporan insiden kapal tanker di Teluk Oman. Patokan internasional, minyak mentah Brent diperdagangkan di sekitar $ 61,70 selama transaksi pagi, naik hampir 3%, sedangkan West Texas Intermediate (WTI) AS berdiri di $ 52,53, naik lebih dari 2,7%.

Presiden AS Donald Trump memberikan nada yang sedikit lebih positif pada perang perdagangan AS-China pada hari Rabu, tetapi sekali lagi mengancam akan menaikkan tarif barang-barang Tiongkok jika tidak ada kesepakatan yang disepakati, menganggap hubungan antara dua negara ekonomi terbesar di dunia ini "rentan berkonflik".

Di Asia, sebagian besar saham jatuh Kamis sore setelah hari kedua berturut-turut menurun di Wall Street. Indeks Hang Seng Hong Kong ditutup 1,73% lebih rendah di tengah bentrokan antara demonstran dan polisi anti huru hara karena RUU ekstradisi yang kontroversial.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search