Bursa Eropa Sambut Baik Sistem Rotasi Baru ECB

Bursa Eropa Sambut Baik Sistem Rotasi Baru ECB

Jum'at, 19 September 2014 00:01:07 WIB

Monexnews - Bursa saham Eropa ditutup menguat pada hari Kamis setelah pengumuman dari European Central Bank (ECB) mengenai bagaimana bank sentral akan membuat keputusan penting di masa depan. Investor juga nampak lega setelah Federal Reserve kembali berjanji untuk mempertahankan suku bunga di level rendah untuk waktu yang lebih lama lagi. Indeks bursa saham mengawali rally pada pertengahan sesi pagi hari pada hari Kamis setelah ECB mengumumkan sistem rotasi voting yang baru yang mana menguatkan harapan bagi quantitative easing (QE) di zona euro. Indeks FTSE 100 di Inggris terus mencetak performa lebih buruk dari bursa lainnya pada hari Kamis, seiring Skotlandia menggelar referendum kemerdekaannya. FTSE 100 ditutup menguat sekitar 0.5%. Voting kemerdekaan Skotlandia diperkirakan akan menunjukkan hasil yang ketat, namun lebih banyak yang memprediksi hasil "Tidak". Indeks utama menguat pada 16 dari 18 negara di Eropa barat hari ini. DAX Jerman melonjak sebesar 1.4% dan CAC 40 Perancis menguat 0.8%.

Sistem rotasi baru untuk Dewan Kebijakan ECB berarti Jens Weidmann, gubernur Bundesbank Jerman, tidak akan mengikuti pertemuan dewan di bulan Mei dan Oktober tahun depan. Weidmann selama ini selalu mengkritik kebijakan stimulus ECB yang agresif, sehingga absennya pandangan dari Weidmann meningkatkan spekulasi pasar bahwa ECB mungkin akan meluncurkan program QE sesegera Mei tahun depan. Bursa Eropa telah dibuka menguat setelah the Fed hari Rabu kembali menegaskan kata-kata "waktu yang lebih lama" dalam referensi seberapa lama bank sentralakan menahan diri untuk tidak menaikkan suku bunga. "Bahasa yang digunakan tentang aktivitas perekonomian secara praktis identik dengan pernyatan bulan Juli lalu," menurut Evan Lucas strategis pasar pada IG Markets.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search