Bursa Eropa Tertekan Peningkatan Prospek Kenaikan Bunga  AS

Bursa Eropa Tertekan Peningkatan Prospek Kenaikan Bunga AS

Kamis, 04 Oktober 2018 17:30:24 WIB

Bursa Saham Eropa jatuh pada Kamis karena saham sektor defensif berada di bawah tekanan setelah data AS yang kuat mengangkat imbal hasil US Treasury dan meningkatkan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga di ekonomi terbesar dunia.

Saat penulisan, indeks acuan pan-Eropa STOXX 600 (STOXX) turun 0,77 persen, sementara DAX Jerman (GDAXI) turun 0,25 persen dan FTSE Inggris (FTSE) turun 0,99 persen.

Data pada hari Rabu menunjukkan bahwa kegiatan sektor jasa AS melaju ke tertinggi 21 tahun pada bulan September, mengangkat imbal hasil US Treasury ke level tertingginya sejak pertengahan 2011. Hal itu pada gilirannya juga meningkatkan imbal hasil obligasi pemerintah zona euro pada hari Kamis. Selain data sektor jasa, kian mengetatnya pasar tenaga kerja sektor swasta turut memanaskan ekonomi AS.

Kenaikan imbal hasil US Treasury umumnya dilihat sebagai meingkatnya sentimen safe haven, sehingga peningkatan imbal hasil cenderung negatif untuk kelas aset lainnya termasuk saham.

Saham-saham sektor defensif termasuk saham konsumen dan kesehatan merupakan pemberat pergerakan indeks STOXX 600. Peningkatan imbal hasil membuat aliran dividen tetap kurang menarik.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search