Bursa Saham Asia Menguat, Sambut Baik Upaya Reformasi Yunani

Bursa Saham Asia Menguat, Sambut Baik Upaya Reformasi Yunani

Senin, 22 Juni 2015 13:17:19 WIB

Monexnews - Pasar saham Asia sebagian besar bergerak lebih tinggi pada hari Senin, bersamaan dengan menguatnya bursa saham berjangka AS dan mata uang euro, seiring investor memberanikan diri oleh tanda-tanda adanya kompromi dari Yunani dalam pembicaraan hutang dengan para krediturnya.

Setelah para deposan cemas dengan menarik miliaran euro dari bank-bank Yunani pada pekan lalu, Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras membuat sebuah tawaran reformasi pada hari Minggu, menunjukkan kesediaan terbarunya untuk membuat konsensi yang dapat membuka bantuan yang masih terkunci dan hindari default pada hutang negara. Kedua belah pihak saat ini sedang melanjutkan negosiasinya pada pertemuan puncak krisis di Brussels pada pekan ini.

Indeks

Nikkei 225 menguat dari pergerakan volatilenya, dengan pelemahan yen yang moderat mungkin juga membantu menggerakan sentimen. Dollar-yen melemah tipis di 122.73 pada perdagangan sesi Asia.

Bursa saham Korea Selatan, Kospi menyentuh level tertinggi enam hari, berkat reli besar di antara saham blue chips.

Dua saham besar penggerak utama bursa yaitu Samsung Electronics dan Hyundai Motor sahamnya melonjak sebesar 1.1% dan 0.4%, untuk masing-masing, sementara itu saham utilitas Kepco melonjak sebesar 4.2% dibalik berita selama akhir pekan lalu bahwa perusahaan listrik negara akan menawarkan diskon sementara pada tingkat rumah tangga dan perusahaan kecil dan menengah.

Sementara itu indeks Hang Seng di Hong Kong menguat tipis di tengah berita bahwa bursa berkonsultasi dengan investor atas peraturan saat ini yang melarang saham dual-class. Namun, perdagangan relatif sepi dan tenang dengan pasar China ditutup untuk hari libur nasional.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search