Bursa Saham China Ditutup Turun Dalam Seiring Melemahnya Yuan

Bursa Saham China Ditutup Turun Dalam Seiring Melemahnya Yuan

Kamis, 18 Oktober 2018 17:24:53 WIB

Bursa Saham Shanghai anjlok hampir tiga persen pada Kamis karena yuan melemah dan Federal Reserve mengindikasikan akan ada kenaikan suku bunga AS lebih lanjut di dalam waktu dekat.

Yuan bergerak ke level terendah 22 bulan terhadap dollar setelah Departemen Keuangan AS menolak untuk melabeli Beijing sebagai manipulator mata uang di tengah pertempuran tarif yang meningkat.

Yuan jatuh ke 6,9411 per dollar pada hari Kamis, mendekati level psikologis 7 terhadap greenback sejak Desember 2016 namun kemudian pulih sedikit di sore hari.

Yuan telah turun hampir 10 persen terhadap dolar sejak April dan pelemahan yuan ini membantu eksportir China mengatasi tarif impor yang dikenakan pada barang asal China ke AS hingga 25 persen.

Benchmark Shanghai Composite Index jatuh 2,94 % , atau 75,19 poin ke level 2.486,42 - level terendah dalam hampir empat tahun. Sedangkan Indeks Komposit Shenzhen, yang melacak saham di bursa kedua China, turun 2,73 persen, atau 34,54 poin, menjadi 1,232,01, penutupan terlemah sejak Agustus 2014.

Sementara Indeks Hang Seng melemah tipis, turun 7,71 poin menjadi 25.454,55 usai investor kembali dari liburan satu hari.

Risalah Fed yang dirilis dalam perdagangan semalam menunjukkan konsensus yang berkembang di The Fed bahwa suku bunga perlu naik di atas tingkat netral 3 %. Risalah pertemuan FOMC September lalu mengungkapkan pandangan hawkish para pejabat The Fed terhadap kebijakan bunga di masa depan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search