Bursa Saham Eropa Melemah Tertekan Situasi Keuangan Italia

Bursa Saham Eropa Melemah Tertekan Situasi Keuangan Italia

Selasa, 02 Oktober 2018 19:00:42 WIB

Indeks bursa saham Eropa masih tertekan jelang rehat sesi satu perdagangan Selasa (2/10/2018) menyusul situasi keuangan Italia yang mengkhawatirkan zona euro. Dari luar Eropa, kesepakatan perdagangan AS-Kanada sudah tidak memberi dampak positif pada aset berisiko seperti ekuitas Eropa, malah menegaskan akan adanya tensi meningkat hubungan perdagangan antara AS dan China.

Indeks Stoxx 600 terkoreksi 0.64% , FTSE London melemah 0,37%, DAX Jerman berkurang 0,77% CAC Perancis bergerak 0,75% lebih rendah.

Penurunan ekuitas Eropa sejalan dengan penurunan mata uang euro setelah Claudio Borghi, kepala komite anggaran Majelis Rendah Parlemen Italia, mengatakan Italia akan memecahkan masalah fiskal dengan mata uangnya sendiri. Pemerintah Italia dan parlemen sepaka defisit neraca tahun depan di angka 2,4%, hal yang ditentang Komisi Eropa.

Komentarnya ini menambah panas perang kata-kata pemerintah Italia dengan Uni Eropa (UE) atas proposal anggaran pemerintah populis yang berusaha meningkatkan pengeluaran dan memotong pajak, tetapi akan meningkatkan utang Italia dan melanggar aturan anggaran UE.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan kesepakatan perdagangan dengan Meksiko dan Kanada akan memberi mereka lebih banyak amunisi dalam pertarungan mereka dengan China dalam masalah ekonomi dan keamanan nasional. China pada akhirnya akan sendirian melawan AS karena negara-negara lain telah mendapatkan akses pasar AS tanpa tarif impor.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search