Bursa Saham Eropa Meroket, Di Dorong Sentimen Positif Oleh Yunani

Bursa Saham Eropa Meroket, Di Dorong Sentimen Positif Oleh Yunani

Sabtu, 11 Juli 2015 00:14:11 WIB

Monexnews - Pasar ekuitas Eropa melonjak pada hari Jumat, dan dikunci pada penguatan mingguan, karena meningkatnya optimisme bahwa proposal reformasi terbaru dari Yunani akan mengarah pada kesepakatan bailout untuk negara yang sedang sarat hutang tersebut.

Indeks FTSE 100 London diperdagangkan untuk ditutup naik sekitar 1.4% di 6673.38, sementara itu indeks CAC 40 Perancis dan IBEX Spanyol keduanya berakhir di atas 3% di 11036.10 dan 4903.07 untuk masing-masing. Indeks DAX Jerman ditutup 2.9% lebih tinggi di 11315.63.

Perubahan besar di pasar keuangan Eropa datang setelah Yunani pada Kamis malam menyerahkan proposal bailout sebanyak 13 halaman kepada para kreditur zona Euro serta kepada parlemen Yunani. Proposal terbaru dari Yunani tampaknya akan menjadikannya semakin dekat untuk langkah-langkah yang diminta oleh para negara kreditur agar negara tersebut mendapatkan dana penyelamatan yang dibutuhkan.

Para kreditur Yunani akan melakukan penilaian pertama pada program reformasi pada hari Jumat, sebelum para menteri keuangan Eurogroup bertemu pada hari Sabtu untuk pertemuan darurat. Jika Eurogroup mencapai kesepakatan bailout dengan Yunani, pertemuan KTT pemimpin Uni Eropa yang dijadwalkan hari Minggu akan dibatalkan.

Saham bank-bank di Eropa terlihat melonjak pada hari Jumat setelah berada di bawah tekanan pada awal pekan ini atas kecemasan tentang kondisi krisis Yunani. Sementara itu

saham otomotif juga diperdagangkan lebih tinggi, dengan saham Peugeot-Citroen dan Renault berkinerja luar biasa, berakhir naik 3.8% dan 3% untuk masing-masing setelah pemerintah Brasil mengatakan mereka berencana untuk meningkatkan impor kendaraan.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search