Bursa Saham Eropa Tergelincir Karena Penundaan Pembayaran Hutang Yunani

Bursa Saham Eropa Tergelincir Karena Penundaan Pembayaran Hutang Yunani

Sabtu, 06 Juni 2015 01:13:47 WIB

Monexnews - Bursa saham di Eropa bergerak lebih rendah untuk hari keempat beruntun pada hari Jumat karena Yunani membuat investor dan kreditur internasionalnya terkejut dengan menunda pembayaran hutang yang akan jatuh tempo pada hari ini.

Indeks DAX Jerman melemah 1.3%, atau 143.45 poin, di 11197.15, memperpanjang penurunannya sejak mencapai level tertinggi di bulan April menjadi 9.5%. Indeks CAC 40 tergelincir 1.3% di 4920.74 di Perancis dan indeks saham Inggris anjlok 0.8% di 6804.60.

Di Athena, indeks saham patokan mereka ditutup turun sekitar 5% setelah pemerintah Yunani menunda pembayaran hutang.

Kerugian tajam sebagian besar datang dibalik berita pada hari Kamis malam ketika Yunani memberitahu IMF rencana mereka untuk menggabungkan pembayaran pinjaman mereka yang jatuh tempo bulan ini, menjadi satu pembayaran untuk sekitar $1.7 miliar, menurut pernyataan pejabat IMF dan Yunani.

Yunani memiliki empat pembayaran pinjaman kepada IMF yang dijadwalkan di bulan Juni, pertama yang sebesar 303.3 juta euro ($341.85 juta), yang jatuh tempo pada hari Jumat ini.

Analis Barclays dalam catatannya menuliskan bahwa meskipun ada kemajuan dalam kesepakatan yang dicapai dalam beberapa hari terakhir, negosiasi masih terlihat berlarut-larut, akan ada lebih banyak peningkatan resiko karena deposito bank-bank Yunani akan terus terluka.

Perusahaan

minyak utama telah terpukul dalam beberapa hari terakhir pada ketidakpastian atas hasil pertemuan OPEC di Vienna pada hari Jumat. Namun, pada hari ini saham perusahaan energi besar menguat setelah OPEC memutuskan untuk tidak melakukan perubahan produksi mereka, meredakan ketakutan bahwa mereka akan naikan batasan produksi. Saham BP Plc naik 0.7% dan saham Royal Dutch Shell Plc naik 0.1%.

(fsyl)


(fsyl)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search