Bursa Sydney Tergerus Data Domestik & China

Bursa Sydney Tergerus Data Domestik & China

Kamis, 30 Januari 2014 13:00:41 WIB

Monexnews - Indeks bursa Sydney Australia kembali tergerus ke kisaran rendah dalam 1 bulan seperti yang tercatat pada hari Senin lalu akibat pesimisme investor terhadap perkembangan industri dan manufaktur menyusul rilis data ekonomi China yang mengecewakan (Kamis, 30/01).

Kalangan investor kecewa setelah China hari ini merilis angka revisi final atas aktivitas manufaktur - HSBC yang merosot ke posisi terendah dalam enam bulan terakhir pada 49.5 di bulan Januari. Indeks tersebut di revisi lebih rendah dari estimasi awal pada pekan lalu yang mencatat 49.6.

Bagi pelaku pasar, hal itu mencerminkan bahwa ekspektasi perlambatan ekonomi di negeri China memang tengah berlangsung. Pesimisme investor Australia kian bertambah setelah data domestik menunjukkan angka new home sales merosot hingga -0.4% di bulan Desember dari bulan sebelumnya di level +7.5%. Selama ini, pembangunan perumahan telah menjadi pondasi andalan bagi perekonomian yang telah melambat tahun lalu akibat menyusutnya booming investasi pertambangan. Di lantai bursa ASX-200 nampak saham Fortescue Metals melemah 1,6% meskipun produksi bijih besi telah mengalami kenaikan hingga 43%. Terkait dengan earnings report, saham Treasury Wine Estates, anjlok hingga 19% setelah muncul downgrade terhadap proyeksi laba setahun penuh. Sementara saham penyedia jasa pendidikan Navitas merosot lebih dari 2% meskipun pihaknya mengklaim laba bersih naik hingga 3%. Sedangkan saham Beach Energy juga ikut tergelincir sekitar 2% menyusul laporan pendapatan yang lebih rendah untuk kuartal yang berakhir bulan Desember. Indeks Sydney ASX-200 tercatat melemah (-0.78%) dan tergerus hingga (-40.91) poin pada kisaran 5188.10. (dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search