Bursa Tokyo Ditutup Melemah Dipicu Kekhawatiran Perang Dagang AS-China

Bursa Tokyo Ditutup Melemah Dipicu Kekhawatiran Perang Dagang AS-China

Rabu, 08 Mei 2019 14:25:33 WIB

Indeks Bursa Saham Tokyo ditutup lebih rendah pada hari Rabu, karena kekhawatiran tentang perang perdagangan AS-China dan yen yang lebih tinggi terhadap dollar membebani pasar.

Indeks acuan Nikkei 225 kehilangan bobot hingga 1,46 persen, atau 321,13 poin, menjadi 21.602,59, sedangkan indeks Topix yang lebih luas berakhir turun 1,72 persen, atau 27,51 poin, pada 1.572,33.

Ancaman Presiden AS Donald Trump untuk menaikkan tarif pada rakit impor Cina dari Jumat telah mengirim saham global jatuh dan pasar Jepang tidak terkecuali, kata para analis.

Ancaman Presiden Trump yang akan menambah tarif impor pada China dipertegas Perwakilan Dagang AS, Robert Lighthizer. Robert mengatakan kepada wartawan bahwa AS akan meningkatkan retribusi impor China pada Jumat pekan inni.

Komentar Lighthizer "lebih lanjut meningkatkan kemungkinan kenaikan tarif," kata Keith Parker, analis UBS, dalam sebuah catatan. Perang perdagangan penuh akan mengurangi 45 basis poin dari pertumbuhan ekonomi global, sementara PDB China akan tertekan antara 1,2 dan 1,5 persen.

Selain kekhawatiran tentang perang perdagangan AS-Cina, "yen yang lebih tinggi dan penurunan di pasar China membebani" pasar Tokyo, Okasan Online Securities mengatakan dalam sebuah catatan.

Dollar merosot ke 110,06 yen pada akhir waktu Tokyo, dari 110,10 yen di awal perdagangan Asia dan dari 110,25 yen di sesi New York.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search