Bursa Tokyo Ditutup Melemah Respons Ketegangan Perdagangan AS dan Kanada

Bursa Tokyo Ditutup Melemah Respons Ketegangan Perdagangan AS dan Kanada

Senin, 03 September 2018 14:05:45 WIB

Bursa Saham Tokyo ditutup dengan kondisi tertekan pada hari Senin, terbebani oleh kehati-hatian investor menyikapi ketegangan hubungan perdagangan AS dengan Kanada dan China.

Indeks acuan Nikkei 225 kehilangan 0,69 persen atau 157,77 poin menjadi ditutup pada 22,707.38, sedangkan indeks Topix yang lebih luas berakhir turun 0,87 persen atau 15,04 poin di 1.720,31.

Pembicaraan AS-Kanada belum membuahkan hasil manis seperti kesepakatan AS-Meksiko. Karena itu kesepakatan untuk menulis ulang Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) dengan Kanada akan dilanjutkan minggu ini.

Trump kembali mengancam akan meninggalkan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara jika Kanada tidak menyetujui ketentuan baru.

Dalam sebuah tweet Sabtu pagi, Trump mengatakan "tidak ada keharusan politik untuk memasukkan Kanada dalam kesepakatan NAFTA baru," mengacu pada perjanjian bilateral tentatif yang dicapai Amerika Serikat dengan Meksiko awal pekan ini.

"Jika kami tidak membuat kesepakatan yang adil untuk AS setelah beberapa dekade pelecehan, Kanada akan keluar," kata Trump.

Sentimen investor juga telah dilanda spekulasi bahwa pemerintahan Presiden Donald Trump akan memberlakukan tarif pada impor Cina lebih dari $ 200 miliar sesegera mungkin di minggu ini.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search