Cemas Akan Ekonomi Global, Wall Street Merosot

Cemas Akan Ekonomi Global, Wall Street Merosot

Rabu, 14 Januari 2015 22:10:37 WIB

Monexnews - Bursa saham AS melemah tajam di awal perdagangan sesi AS akibat kekhawatiran akan proyeksi ekonomi global, serta anjloknya harga komodtias. Sementara itu buruknya data penjualan ritel turun menekan pergerakan Wall Street.

Bank Dunia menurunkan proyeksi pertumbuhan global akibat turunnya outlook ekonomi AS, Rusia, dan China. Ekonomi dunia diperkirakan akan tumbuh 2,8% pada tahun ini, turun dari proyeksi sebelumnya 3,2%. Sementara ekonomi AS sendiri diperkirakan akan tumbuh 2,1% turun dari sebelumnya 2,8%.

Anjlok harga tembaga ke level terendah sejak pertengahan 2009 akibat berlebihnya persediaan serta menurunnya permintaan dari Tiongkok memberikan kekhawatiran baru dari sektor komoditas. Turunnya harga tembaga juga sering dianggap sebagai tanda melemahnya ekonomi global karena tembaga sering banyak digunakan pada aktivitas konstruksi dan manufaktur.

Departemen Perdagangan AS melaporkan penjualan ritel merosot 0,9% di bulan Desember dari bulan sebelumnya, mematahkan ekspektasi kenaikan 0,2% oleh para ekonom. Sementara penjualan ritel inti, yang tidak memasukkan sektor otomotif dalam perhitungan anjlok 1,0% dari bulan sebelumnya, dengan ekspektasi kenaikan 0,1%. Penjualan ritel bulan November direvisi turun menjadi 0,1% dari rilis sebelumnya 0,5%, dan penjualan ritel inti juga direvisi menjadi 0,4% dari rilis sebelumnya 0,7%.

Indeks Dow Jones memimpin pelemahan sebesar 1,22% menjadi 17398,61, S&P 500 turun 0,61% menjadi 2010,66 dan Nasdaq kehilangan 0,24% menjadi 4650,32. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search