Data China Hijaukan Bursa Shanghai

Data China Hijaukan Bursa Shanghai

Senin, 15 Juli 2013 11:32:54 WIB

Monexnews -Indeks bursa Shanghai China terpantau bergerak di teritori positif pada perdagangan hari Senin (15/7) setelah pasar mengantisipasi positif sejumlah data penting China hari ini yang tidak seburuk perkiraan pasar sebelumnya.

Secara umum pasar menilai bahwa data-data yang keluar masih cukup netral dan terbilang akomodatif lantaran data pertumbuhan muncul sesuai estimasi pasar dan analis. Bahkan data penjualan ritel China (retails sales) mengalami kenaikkan di atas estimasi sebelumnya. Selain itu sentimen pasar juga nampak masih positif setelah muncul pernyataan suportif dari bank sentral China atau People's Bank of China (

PBOC) pada akhir pekan lalu.

Bank Sentral China (PBOC) menyebutkan bahwa pihaknya akan menggunakan perangkat kebijakan yang beragam untuk memperbaiki gejolak likuiditas di sistem perbankan termasuk akan menjaga pertumbuhan kredit yang stabil. Terkait data yang rilis hari ini, pihak NBS (National Burau of Statistics) memaparkan bahwa tingkat penjualan ritel China melonjak sebesar 13.3% di bulan Juni dari bulan sebelumnya 12.9%, dan jauh d atas ekspektasi 12.9%.

Sedangkan angka GDP kuartal II China (y/y) menurun sesuai estimasi menjadi 7.5% dari kuartal sebelumnya setahun lalu pada level 7.7%. Namun GDP kuartal II (q/q) mengalami kenaikkan sebesar 1.7% dari kuartal pertama tahun ini yang tercatat 1.6% dan tipis di bawah estimasi 1.8%. Sementara angka industrial output mengalami penurunan sebesar 8.9% di bulan Juni dari bulan sebelumnya di angka 9.2% dan di bawah estimasi pemerintah di level 9.1%. Beberapa saham perbankan China rally memimpin rebound di bursa Shanghai. Tercatat saham China Citic Bank Corp. melonjak 6.7%, saham Bank of Communications Co. atau BoCom, rally 2.8%. Sementara saham perbankan China juga turut rally di bursa Hang Seng, seperti China Construction Bank Corp. menguat 1.1%, dan BoCom naik 1.2%. Indeks Shanghai terpantau menguat +1.46% atau rally hingga 29.86 poin pada kisaran 2069.34.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search