Data China Memulihkan Sentimen Pasar Eropa

Data China Memulihkan Sentimen Pasar Eropa

Selasa, 01 Juli 2014 16:51:07 WIB

Monexnews - Saham-saham Eropa beranjak lebih tinggi pada hari Selasa, seiring membaiknya mood investor pasca rilis data ekonomi China yang solid dan penyelesaian sanksi bank Perancis, BNP Paribas.

Data resmi pemerintah China menunjukkan PMI

manufaktur menyentuh level tertinggi 6-bulan dengan naik menjadi 51,0 pada bulan lalu dari 50,8 pada bulan Mei. Hasil positif tersebut mampu mendongkrak sentimen di pasar Eropa, terutama di bursa saham Inggris, dimana mayoritas perusahaan pertambangan yang terdaftar memiliki eksposur besar ke China.

DAX

Jerman dan CAC40 Perancis bertengger di zona hijau, dengan masing-masing mengemas kenaikan 0,2% dan 0,55%. Sedangkan FTSE Inggris terapresiasi lebih dari 0,4% dalam 2 jam pertama perdagangan.

Sedangkan BNP Paribas mengaku telah bersalah atas 2 tuduhan tindak pidana yang melanggar regulasi di AS dan bersedia membayar sanksi sekitar $9 milyar. Bank Perancis tersebut juga dilarang untuk melakukan beberapa transaksi kliring dalam

Dollar AS selama setahun.

Sementara pelaku pasar cenderung mengabaikan data ekonomi zona

Euro yang menunjukkan indeks aktivitas manufaktur merosot ke level terendah 7-bulan pada bulan Juni. Yang menambah tanda-tanda jika pemulihan di kawasan itu mulai kehilangan momentum.

Bagaimanapun, para investor terlihat masih tetap berhati-hati dalam mengambil posisi di tengah berlanjutnya krisis di

Ukraina. Pada hari Selasa Presiden Ukraina, Petro Poroshenko, secara sepihak telah memutuskan untuk mengakhiri gencatan senjata dengan pihak pemberontak pro-Rusia di bagian timur negara. Kiev menilai jika pihak pemberontak telah melanggar gencatan senjata beberapa kali. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search