Data Ekonomi Zona Euro Lebih Buruk daripada Estimasi, Bursa Eropa Anjlok

Data Ekonomi Zona Euro Lebih Buruk daripada Estimasi, Bursa Eropa Anjlok

Jum'at, 30 November 2018 18:49:35 WIB

Saham Eropa bergerak melemah pada perdagangan Jumat, seiring data ekonomi zona euro yang menunjukkan pelemahan ekonomi dibandingkan periode sebelumnya. Pasar saat ini menunggu berita seputar pertemuan KTT G-20 di Argentina yang berlangsung hari ini dan Sabtu besok.

Stoxx 600 tertekan 0.52 persen, FTSE London terjun 0.67 persen, DAX Jerman menurun 0.58 persen dan CAC Perancis tergerus 0.46 persen, namun FTSE Milan hanya turun tipis 0.07 persen karena melunaknya sikap pemerintah Italia yang bersedia membuka peluang menurunkan target defisit anggaran tahun depan.

Angka pengangguran di Italia meningkat menjadi 10.6 persen di Oktober, naik dari angka pengangguran September 10.3 persen dan estimasi pasar 10.1 persen.

Sementara data awal inflasi zona euro bulan November menunjukkan penurunan dibandingkan inflasi Oktober, dari 2.2 persen menjadi 2.0 persen dan juga di bawa perkiraan 2.1 persen.

Saham produsen mobil dan sumber daya dasar jatuh paling dalam transaksi awal, karena investor fokus pada pembicaraan perdagangan mendatang di KTT G-20, di Buenos Aires pada hari Jumat. Investor memberikan perhatian khusus pada pertemuan antara Presiden Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping.

Investor Eropa juga mengikuti dan bereaksi terhadap berita dari Italia. Perdana Menteri Giuseppe Conte mengatakan kepada surat kabar Italia bahwa dia sedang mengerjakan sebuah proposal untuk mengurangi target defisit yang direncanakan untuk 2019. Idenya adalah untuk mempersempit perbedaan pandangan dengan Komisi Eropa yang melontarkan ancaman sanksi bagi Italia jika melanggar ketentuan anggaran dari Uni Eropa.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search