Data Inflasi Produsen Jerman di Bawah Estimasi, Saham Eropa Melemah

Data Inflasi Produsen Jerman di Bawah Estimasi, Saham Eropa Melemah

Senin, 21 Januari 2019 17:46:32 WIB

Pasar saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Senin (21/1/2019) sore merespons data inflasi produsen Jerman terkait perlambatan ekonomi China dan juga rencana pemaparan Rencana B Brexit PM Theresa May di depan parlemen hari ini.

Indeks Pan Eropa Stoxx 600 menurun 0,30 persen, disusul koreksi DAX Jerman sebesar 0,45 persen dan CAC 40 Perancis mundur 0,20 persen.

Indeks harga produsen Jerman bulan Desember yang baru dirilis menunjukkan kontraksi -0.4%, lebih rendah dari estimasi pelemahana harga -0.1%, dan berkebalikan dengan inflasi 0.1% di November. Data ini diakitkan dengan perlambatan ekonomi di China sebagai perekonomian terbesar kedua dunia.

Ekonomi China hanya tumbuh 6,4 persen pada kuartal keempat dari tahun sebelumnya, tingkat yang terakhir terlihat pada awal 2009 selama krisis keuangan global.

Kesepakatan Brexit Perdana Menteri Inggris Theresa May ditolak oleh anggota parlemen pekan lalu dan May akan kembali ke parlemen pada hari Senin untuk menjabarkan apa yang disebut Rencana B.

"Pernyataan terakhir May tentang niat Brexitnya kemungkinan menunjukkan bahwa Rencana B-nya hanya untuk melanjutkan Rencana A-nya," kata Chris Scicluna, kepala penelitian ekonomi di Daiwa Capital Markets. Dia mengatakan diskusi akan diadakan dengan harapan menghindari "bahaya ekonomi besar dari kesepakatan".


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search