Data Jerman Gagal Pulihkan Sentimen Pasar Eropa

Data Jerman Gagal Pulihkan Sentimen Pasar Eropa

Kamis, 24 September 2015 16:57:02 WIB

Monexnews - Sempat mengikis pelemahan pasca rilis data Jerman yang positif, saham Eropa kembali diperdagangkan melemah pada sesi hari Kamis di tengah kinerja lemah saham-saham produsen bahan baku dan perusahaan terkait minyak dan gas. Sentimen juga terbebani oleh komentar Presiden European Central Bank, yang mengindikasikan bank sentral belum akan meluncurkan stimulus tambahan dalam waktu dekat.

Laporan

Ifo menunjukkan indeks sentimen bisnis di Jerman naik tipis menjadi 108.5 pada bulan September dari 108.4 pada bulan sebelumnya, yang mementahkan ekspektasi penurunan menjadi 108.00 dalam jajak pendapat Reuters. Di lantai bursa, saham sektor otomotif beranjak lebih tinggi setelah Chief Executive Volkswagen AG, Martin Winterkorn, mengundurkan diri pada Rabu malam menyusul skandal kecurangan dalam uji emisi mobil bermesin diesel di AS. Saham produsen mobil Jerman lainnya, Porsche, terpantau melonjak 5% diikuti oleh saham produsen-produsen Perancis seperti Renault dan Peugeot Citroen.

Namun sebagian besar sektor lainnya masih berada di teritori negatif, dengan penurunan tajam harga minyak mentah pada sesi kemarin membebani saham perusahaan terkait minyak dan gas. Saham produsen bahan baku juga menunjukkan kinerja buruk seiring harga

bijih besi dan tembaga terus berada di bawah tekanan selama beberapa hari terakhir. Saham BHP Billiton yang listing di bursa London tergelincir 0,4%. Begitu pula dengan saham Anglo American yang turun sekitar 0,1% setelah Goldman Sachs memangkas target harga saham perusahaan.

Sementara Presiden ECB Mario

Draghi pada hari Rabu mengatakan bahwa resiko prospek inflasi dan pertumbuhan telah meningkat sebagai akibat dari perlambatan di pasar negara berkembang. Dalam pidatonya di depan Komite urusan Ekonomi dan Moneter Parlemen Eropa, Draghi juga mengatakan bahwa ECB membutuhkan lebih banyak waktu sebelum memutuskan penambahan program pembelian aset.

DAX Jerman mencatat penurunan terbesar di antara 3 indeks utama Eropa, dengan merosot hampir 1%. Sedangkan CAC40 Perancis dan FTSE Inggris membuntuti, dengan masing-masing kehilangan 0,6% dan 0,3%. (vid)


(vid)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search