Data Niaga & Pelemahan Yen Topang Performa Nikkei

Data Niaga & Pelemahan Yen Topang Performa Nikkei

Senin, 25 Mei 2015 13:56:39 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang kembali menguat untuk ketujuh harinya, ditopang oleh saham produsen mobil, pasca tingkat ekspor Jepang naik lebih dari estimasi dan ekspektasi untuk kenaikan suku bunga AS lebih awal menekan nilai tukar yen. Toyota Motor Corp. membeirkan dorongan paling besar bagi penguatan indeks seiring mobil dan kendaraan lainnya menjadi kontributor terbesar dalam kenaikan tingkat ekspor Jepang. Saham milik Tokyo Electric Power Co. melejit sebanyak 6.3% setelah laporan bahwa pihaknya mendapatkan pesanan untuk mendirikan pembangkit listrik tenaga gas di Qatar. Saham Takata Corp. anjlok sebanyak 3.9% setelah produsen otomotif mengumumkan penarikan kembali yang lebih banyak di Jepang dan Australia terkait air bag buatannya. Indeks saham rata-rata Nikkei 225 Jepang saat in menguat 0.74% diperdagangkan di kisaran 2043.77, menuju level penutupan tertinggi sejak tahun 2000. Sementara itu yen melemah sebesar 0.1% di kisaran 121.56 per dollar pasca melemah sebanyak 0.4% pada hari Jumat. Sementara data pekan lalu menunjukkan perekonomian Jepang berekspansi selama 2 kuartal berturut-turut, tingkat ekspor dan penurunan tingkat impor mengurangi sebesar 0.2% dari laju pertumbuhan GDP tahunan.

Menurut strategis, data GDP membuat ekonom beranggapan bahwa sektor ekspor merupakan resiko, namun data hari ini meredakan kecemasan tersebut. Pasar juga menganggap bahwa Yellen mengindikasikan akan ada kenaikan suku bunga tahun ini, dan peluang paling cepatnya di bulan September. Tingkat ekspor naik sebesar 8% dari setahun sebelumnya, menurut Menteri Keuangan Jepang pada hari Senin, dibandingkan dengan estimasi untuk kenaikan sebesar 6%. Tingkat impor turun sebanyak 4.2%, menghasilkan defisit perdagangn senilai 53.4 milyar yen (439 juta dollar). Tingkat ekspor Jepang berhasil melebihi impor untuk pertama kalinya dalam hampir selama 3 tahun pada bulan Maret.

(xiang)


(xiang)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search