Data Tiga Perekonomian Terbesar Pengaruhi Sentimen Nikkei

Data Tiga Perekonomian Terbesar Pengaruhi Sentimen Nikkei

Senin, 10 Maret 2014 08:05:40 WIB

Monexnews - Bursa saham Jepang, Nikkei, terpantau melemah menyusul data-data ekonomi dari tiga negara dengan ekonomi terbesar di dunia, AS, China, dan Jepang. Investor menilai serangkaian data-data tersebut yang dirilis mulai hari Jumat lalu.

Departemen Tenaga Kerja AS pada Jumat lalu merilis perekonomian AS pada bulan Februari menciptakan pekerjaan sebesar 175.000, lebih tinggi dari eskpetasi sebesar 151.000, dan rilis data pada bulan Januari sebesar 129.000. Sementara tingkat pengangguran secara tidak terduga naik menjadi 6,7% dari bulan sebelumnya sebesar 6,6%. Peningkatan data non-farm payrolls tersebut memberikan gambaran lemahnya data-data ekonomi AS yang dirilis sebelumnya kemungkinan besar di akibatkan oleh musim dingin esktrim yang melanda AS.

China pada hari Sabtu lalu melaporkan penurunan ekspor sebesar 18,1% dan import naik 10,1% pada bulan Februari dari tahun sebelumnya, mengakibatkan defisit neraca perdagangan sebesar $23 miliar pada bulan Februari. Data tersebut sekaligus mematahkan ekspetasi pasar yang di survei oleh Reuters, ekspor diperkirakan naik 6,8%, impor tumbuh 8%, dan neraca perdagangan diperkirakan surplus $14,5 miliar. Kemerosotan tingkat ekspor tersebut memunculkan kekhawatiran akan prospek pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut, ditengah rapat tahunan National People s Congress yang sedang berlangsung di China.

Dari dalam negeri Jepang melaporkan pertumbuhan ekonomi pada kuartal ke-empat 2013 dari tahun sebelumnya direvisi turun menjadi 0,7%, dibandingkan rilis awal sebesar 1%. Sementara dari kuartal sebelumnya ekonomi Jepang tumbuh 0,2% lebih rendah dari rilis awal sebesar 0,3%. Sedangkan defisit neraca perdagangan mencapai 1,589 triliun yen, lebih besar dari estimasi sebesar 1,4 triliun yen.

Bursa utama Nikkei saat ini melemah 0,70% menjadi 15168,17. Sementara Nikkei Futures saat ini diperdagangkan pada kisaran 15175 dengan level tertinggi harian 15275 dan terendah 15150. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search