Ekspektasi ‘recovery’ Topang Shanghai

Ekspektasi ‘recovery’ Topang Shanghai

Senin, 02 September 2013 13:57:24 WIB

Monexnews - Secara umum pasar ekuitas Asia mengawali bulan September ini dengan rally setelah dua data terpisah untuk aktivitas pabrikan China meneguhkan harapan pemulihan ekonomi (recovery) di negeri terbesar kedua dunia itu. Selain itu, keputusan Presiden AS Barack Obama untuk menunda serangan ke Suriah, turut membantu mengurangi kecemasan pasar untuk sementara terhadap kekhawatiran konflik di Timur Tengah. Presiden Obama mengatakan dirinya hanya akan bertindak atas Suriah setelah mendapatkan persetujuan dari Kongres, yang akan memutuskan pada 9 September.

Di pasar China daratan, indeks utama

Shanghai berhasil sukses melewati angka 2100 setelah sebelumnya di perdagangkan di zona merah di awal sesi perdagangan. Indeks mencatatkan penguatan hingga 3% sepanjang bulan Agustus dan menyandang gelar sebagai indeks berkinerja terbaik se-Asia.

Angka aktivitas manufaktur China bulan Agustus yang di rilis oleh HSBC tercatat masih berekspansi di level 50.1, sama dengan angka pada bulan sebelumnya. Sedangkan angka manufaktur yang di rilis versi pemerintah (NBS) tercatat meningkat di level 51.0 dari publikasi sebelumnya di angka 50.3. Rilis data manufaktur China yang solid tersebut langsung memberikan motivasi bagi investor terhadap sektor tersebut.

Sebelumnya, data total pendapatan dari perusahaan sektor industri China sepanjang bulan Januari s/d Juli tercatat naik 11.1% dibanding periode yang sama satu tahun lalu, menurut National Bureau of Statistics (NBS). Untuk bulan Juli sendiri, angka industrial profit melonjak hingga 11.6%, meningkat dari 6.3% di bulan Juni. Indeks Komposit Shanghai China tercatat rally +0.06% dan menguat sebanyak +1.28 poin pada kisaran area 2099.67 setelah melonjak hingga level 2108.68.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search