Eksportir Nikkei Ngebut Berkat Pelemahan Yen

Eksportir Nikkei Ngebut Berkat Pelemahan Yen

Kamis, 21 November 2013 09:51:18 WIB

Monexnews - Lantai bursa Tokyo-Jepang hari ini rally dan memimpin perdagangan di kawasan Asia (Kamis, 21/11) terutama akibat pelemahan yen terkait penguatan dollar AS setelah minutes FOMC semalam mengindikasi adanya potensi pengurangan stimulus moneter oleh Federal Reserve AS (the Fed) dalam waktu dekat.

Dalam publikasinya, rapat singkat berupa notulen dari the Fed - FOMC (minutes), membuat pasar menjadi khawatir bahwa the Fed akan segera mulai mengurangi program pembelian obligasi jika perbaikan ekonomi AS terus berlanjut. Namun kekhawatiran itu membuat dollar AS menguat sehingga semakin membebani mata uang Jepang. Dan pelemahan yen tersebut merupakan kesempatan bagi kalangan eksportir untuk lebih ekspansif lagi karena memiliki daya saing yang lebih kuat dibandingkan rival-rivalnya. Di lantai bursa Tokyo nampak eksportir industri dan sejumlah blue-chip teknologi melesat kencang karena tertopang oleh pelemahan kurs yen yang mencapai ke atas 100 terhadap USD. Tercatat saham Hitachi Ltd. rally 1.2%, saham TDK Corp. dan Nikon Corp. masing-masing naik 1.9%, sedangkan saham Renesas Electronics Corp. menguat sekitar 1.4%. Hari ini kurs yen terpuruk hingga level 100.50 setelah akhirnya stabil pada area 100.34 terhadap USD. Sedangkan sesi Rabu kemarin, kurs yen berakhir di tutup pada level 100.03 setelah sempat melemah terbatas pada 100.23 terhadap USD. Sementara indeks

Nikkei (N225) terpantau rally hingga +1.63% atau melonjak +246.38 poin pada kisaran 15322.46. Sedangkan indeks Nikkei-futures juga turut rebound hingga +1.52% atau bertambah +230 poin pada area kisaran 15535.(dar)


(dar)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search