Fokus Geopolitik, Bursa Eropa Melemah

Fokus Geopolitik, Bursa Eropa Melemah

Selasa, 09 September 2014 17:59:40 WIB

Monexnews - Mayoritas bursa saham Eropa melemah pada perdagangan hari ini, investor berfokus pada faktor geopolitik yang terjadi seperti pemberian sanksi tambahan bagi Rusia serta kemungkinan berpisahnya Skotlandia dengan Inggris Raya.

Skotlandia yang akan mengadakan referendum 18 September mendatang berpeluang memisahkan diri dengan Inggris Raya setelah bersatu selama lebih dari tiga abad. Survei dari YouGov yang dirilis menunjukan responden yang menginginkan kemerdekaan naik menjadi 51% dari sebelumnya 47%, sementara responden yang ingin tetap bergbung bersama Inggris turun menjadi 49% dari sebelumnya 53%, namun persentase tersebut tidak memperhitungkan yang belum menentukan pilihan.

Laporan lain dari Inggris menyebutkan produksi industri negara tersebut naik lebih tinggi dari ekspetasi di bulan Juli. ffice for National Statistic mengatakan output industri naik 0,5% di bulan Juli dari bulan Juni, lebih tinggi dari ekspetasi ekonom sebesar 0,2%. Sementara jika dibandingkan dengan Juli 2013, output naik 1,7%, menjadi kenaikan dalam 11 bulan beruntun. Sementara produksi manufaktur sesuai dengan ekspetasi naik 0,3% di bulan Juli dari bulan sebelumnya, dan 2,2% dari periode yang sama tahun sebelumnya.

Uni Eropa dikabarkan siap memberikan sanksi baru terhadap Rusia atas perannya yang dikatakan mendukung pemberontak pro-Rusia wilayah timur Ukraina. Para pemimpin Uni Eropa telah menyiapkan sanksi namun implementasinya masih ditunda untuk melihat apakah akan ada pengumuman gencatan senjata pada hari Jumat mendatang.

Indeks FTSE berhasil memangkas penurunan awal perdagangan dan saat ini melemah 0,06% menjadi 6830,67, DAX Jerman turun 0,09% menjadi 9749,03, dan CAC Perancis kehilangan 0,11% menjadi 4470,10. (pap)


(pap/Monex)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
CAPTCHA
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search