Hang Seng Ikut Terkoreksi Tajam Respons Memanasnya Perang Tarif AS-China

Hang Seng Ikut Terkoreksi Tajam Respons Memanasnya Perang Tarif AS-China

Jum'at, 31 Agustus 2018 16:31:14 WIB

Senada dengan kemunduran indeks Nikkei Jepang, Bursa Saham Hong Kong mengakhiri pekan ini dengan kerugian tajam pada perdagangan Jumat (31/8/2018) seiring kekhawatiran di kalangan investor merespons rencana Presiden AS Dnoald Trump yang akan mempercepat pemberlakuan tarif pada barang impor asal China senilai $ 200 miliar pada awal bulan depan. Langkah AS ini akan memicu aksi balasan serupa dari China.

Ketegangan AS-China juga terjadi di arena politik dimana Trump menuduh China menekan Korea Utara sehingga bisa menghambat dialog AS-Korut yang sudah dirintis di Singapura. Trump mengatakan pemerintah AS mengetahui China memberi Korea Utara sejumlah bantuan seperti uang, bahan bakar, pupuk dan berbagai komoditas. "Ini tidak membantu," kata Trump. Saat ini, Korea Utara sedang menjalani embargo ekonomi ketat oleh PBB dan AS.

Indeks Hang Seng merosot 0,98 persen, atau 275,50 poin, menjadi ditutup pada 27.888.55. Demikian pula indeks Shanghai Composite yang melemah 0,46 persen, atau 12,49 poin, menjadi 2,725.25, sementara Indeks Komposit Shenzhen, yang melacak saham di bursa kedua China, turun 1,09 persen, atau 15,80 poin, menjadi 1,451.38.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search