Hang Seng Menguat di Sesi I Dipicu Berita Pembicaraan Dagang AS-China

Hang Seng Menguat di Sesi I Dipicu Berita Pembicaraan Dagang AS-China

Senin, 21 Januari 2019 12:09:33 WIB

Indeks Hang Seng Hong Kong brakhir menguat di sesi perama perdagangan awal pekan, Senin (21/1/2019), melanjutkan reli pekan lalu pada harapan pembicaraan perdagangan AS-China. Data ekonomi yang dirilis hari ini juga mendukung sentimen pasar karena sesuai ekspektasi.

Indeks Hang Seng bertambah 0.34 persen, atau 91.10 poin, ke level 27.181 saat istirahat perdagangan.

China telah menawarkan peningkatan impor enam tahun selama pembicaraan yang sedang berlangsung dengan AS, para pejabat yang mengetahui masalah ini mengatakan kepada CNBC.

Pejabat China mengajukan tawaran itu selama negosiasi di Beijing awal Januari, Bloomberg News melaporkan. China akan meningkatkan impor tahunan barang-barang A.S. dengan nilai gabungan lebih dari $ 1 triliun, kata para pejabat itu kepada Bloomberg, yang pertama kali melaporkan penawaran peningkatan impor.

Dalam proposal yang diajukan ke AS, China memasukkan usul untuk membeli lebih banyak barang A.S. hingga 2024 dengan harapan Presiden Donald Trump terpilih kembali pada tahun 2020, sumber tersebut mengatakan kepada CNBC.

AS memiliki defisit perdagangan sebesar $ 323 miliar dengan Cina pada tahun 2018. Kesepakatan ini akan bertujuan untuk mengurangi perbedaan perdagangan tahunan menjadi $ 0 pada tahun 2024, salah satu pejabat mengatakan kepada Bloomberg.

Data ekonomi China juga menopang pasar ekuitas dimana output industri Desember lalu tumbuh 5.7 persen, sementara estimasi apra ekonom hanya 5.3 persen dan bulan November hanya tumbuh 5.4 persen.

Angka di atas perkiraan bisa disimpulkan sebagai tanda permintaan global mungkin tidak selemah yang diperkirakan sebelumnya. Sementara itu, penjualan retail tumbuh lebih tinggi ke 8.2 persen di Desember seperti yang diharapkan dan lebih tinggi dari pertumbuhan November sebesar 8.1 persen.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search