Indeks Berjangka AS Melemah Dibebani Kekhawatiran Perdagangan AS-China

Indeks Berjangka AS Melemah Dibebani Kekhawatiran Perdagangan AS-China

Selasa, 02 Oktober 2018 18:41:36 WIB

Indeks saham berjangka AS jatuh pada Selasa, setelah tercapainya kesepakatan perdagangan AS-Kanada malah memberi jalan berlanjutnya kekhawatiran atas ketegangan perdagangan antara Washington dan Beijing.

Indeks Berjangka Dow Jones Industrial Average turun 89 poin, atau 0,3%, menjadi 26.589. S & P-500 futures kehilangan 8,6 poin ke 2,921.50. Sedangkan indeks Kontrak berjangka Nasdaq turun 34 poin, atau 0,4%, menjadi 7.641,50.

Pada hari Senin, bursa utam AS berakhir sebagian besar lebih tinggi tetapi ditutup jauh dari puncak sesi mereka, dengan Nasdaq menumpahkan reli awal berakhir di wilayah sedikit negatif. Meskipun demikian, pasar tetap mendekati level rekor.

Sebagian besar perdagangan hari Senin sebagai respons kesepakatan AS dan Kanada atas pembaruan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA). Kesepakatan ini membantu meredakan beberapa kekhawatiran seputar perdagangan yang terus membebani pasar selama beberapa bulan terakhir. Namun kesepakatan AS-Kanada tidak mengubah tensi hubungan perdagangan AS-China, yang dianggap sebagai faktor yang lebih besar bagi pasar.

Para pejabat Gedung Putih mengatakan kesepakatan perdagangan dengan Meksiko dan Kanada akan memberi mereka lebih banyak amunisi dalam pertarungan mereka dengan China dalam masalah ekonomi dan keamanan nasional. China pada akhirnya akan sendirian melawan AS karena negara-negara lain telah mendapatkan akses pasar AS tanpa tarif impor.

Karena itu konflik hubungan perdagangan global masih dilihat sebagai faktor yang dapat membebani pertumbuhan global. Senin malam, kepala Dana Moneter Internasional Christine Lagarde menyampaikan peringatan tentang pertumbuhan global yang bisa terhambat karena masalah perdagangan ini. Lagarde mengatakan ada tanda-tanda ekonomi terbesar seperti AS akan jalan di tempat jika masalah perdagangan tidak diatasi.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search