Indeks Bursa Eropa Melemah di Tengah Meningkatnya Ketegangan Geopolitik

Indeks Bursa Eropa Melemah di Tengah Meningkatnya Ketegangan Geopolitik

Jum'at, 14 Juni 2019 19:09:41 WIB

Indeks di Bursa Saham Eropa diperdagangkan lebih rendah pada Jumat karena ketegangan meningkat antara AS dan Iran setelah serangan terhadap dua kapal tanker minyak di Teluk Oman pada Kamis.

Pan-Eropa Stoxx 600 turun 0,71%, saham teknologi memimpin kerugian dengan penurunan 0,8% karena sebagian besar sektor diperdagangkan di zona merah. CAC 40 Perancis terpangkas 0,55 persen, FTSE London mundur 0,51 persen dan DAX Jerman anjlok 0,91 persen.

Fokus dunia adalah di Timur Tengah, setelah kapal tanker minyak milik Norwegia dan Jepang terkena ledakan dekat Selat Hormuz. Militer AS merilis rekaman yang diklaimnya menunjukkan Korps Pengawal Revolusi Iran mengeluarkan bahan tambang yang tidak meledak dari sisi salah satu kapal tanker yang dilanda - klaim yang dibantah keras oleh Teheran. Peristiwa ini menyebabkan harga minyak melonjak.

Saham-saham di Asia diperdagangkan mixed Jumat sore karena harga minyak terus naik. Indeks Komposit Shenzhen Cina memimpin kerugian dengan penurunan 0,64% sementara indeks Hang Seng Hong Kong terus tergelincir di tengah protes massa atas RUU ekstradisi yang kontroversial.

Sementara itu, pertumbuhan output industri China di Mei melambat ke level terendah dalam 17 tahun terakhir, jauh di bawah ekspektasi, dalam tanda terbaru dari melemahnya permintaan di ekonomi terbesar kedua di dunia itu usai Amerika Serikat meningkatkan tekanan perdagangan.


(Irdy)

Lihat Disclaimer
   
KIRIM KOMENTAR ANDA
Upload
0 KOMENTAR
Update terus mengenai promo, tools dan berita terbaru dari Monex
Monexnews.com menyajikan berita ekonomi terkini. Fokus pemberitaan monexnews adalah berita forex, saham, valuta asing, pergerakan nilai tukar dollar dan kurs mata uang utama lainnya, komoditi, harga emas logam mulia dan harga minyak dunia. Dilengkapi analisa harian dan indikator pasar keuangan dunia hari ini, rubrik belajar trading serta investasi online.

Search